Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Kesehatan Mata, Jangan Mudah Percaya

Hoaks terkait kesehatan mata banyak beredar di masyarakat. Tentu saja hoaks ini bisa berbahaya jika dipercaya.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait kesehatan mata banyak beredar di masyarakat. Tentu saja hoaks ini bisa berbahaya jika dipercaya.

Lalu apa saja hoaks seputar kesehatan mata? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Bunga Kitolod Bisa Sembuhkan Penyakit Katarak

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bunga kitolod bisa menyembuhkan katarak. Postingan itu beredar beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 Februari 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi "Obat Alami Paling Mujarab Mata Katarak Segala Penyakit Mata"

Disebutkan dalam video itu bunga kitolod bisa menyembuhkan segala penyakit mata termasuk katarak. Selain itu dalam video juga ditampilkan bagaimana penggunaan bunga kitolod untuk menyembuhkan penyakit mata.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim bunga kitolod bisa menyembuhkan katarak? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta Kesehatan: Penularan Virus Corona Bisa Lewat Tatapan Mata?

Seiring dengan semakin banyaknya negara yang menyatakan kasus infeksi virus corona terhadap warga mereka, merebak pula kabar simpang siur seputar penyebaran virus tersebut.

Salah satu informasi yang berkembang di masyarakat baru-baru ini virus corona bisa menyebar lewat tatapan mata. Anggapan tersebut muncul usai seorang pakar mengatakan bahwa virus tersebut bisa menginfeksi lewat mata.

Dikutip dari laman Mirror, Wang Guangfa, seorang dokter Tiongkok yang pernah membantu mengatasi SARS tahun 2003 menyatakan bahwa dia sempat terinfeksi virus yang menyerang pernapasan ini karena tidak menggunakan kacamata pelindung.

Sejak saat itu, berkembang anggapan bahwa hanya dengan tatapan mata, novel coronavirus bisa menyebar. Benarkah demikian? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Perasan Jeruk Nipis Tidak Bisa Menyehatkan Mata

Cek Fakta Liputan6.com mendapati video yang beredar terkait penggunaan jeruk nipis yang diteteskan ke mata yang diklaim sebagai obat mata yang mujarab agar mata tetap sehat.

Hal ini dilakukan oleh pria berseragam polri dengan meneteskan air jeruk nipis secara bergantian. Informasi ini dibagikan oleh salah satu akun Facebook dengan narasi "Tips Obat Mata Mujarab dari Pak Polisi".

Dalam video berdurasi 4 menit 22 detik itu, terlihat tiga anggota polisi terlihat meneteskan air perasan jeruk nipis di mata mereka.

"Lemon ikan atau jeruk nipis ini obat mata yang sangat mujarab. Ini akan dipakaikan kepada pasien untuk diteteskan di mata, agar matanya tetap terang dan sehat," ucap pria dalam video tersebut.

Video tersebut sudah ditayangkan sebanyak 110 kali dan disukai oleh 34 warganet. Benarkan perasan jeruk nipis bisa menyehatkan mata? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.