Sukses

Waspada Hoaks Seputar Magenta BUMN, Simak Rangkuman Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membuka program Magenta BUMN adalah salah satu program magang terpadu, bagi mahasiswa dan fresh graduate.

Program Magenta BUMN untuk mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di dunia perkuliahan, serta merasakan langsung pengalaman bekerja di perusahaan BUMN dengan budaya kerja yang profesional.

Informasi seputar Magenta BUMN pun beredar di tengah masyarakat, namun perlu hati-hati ketika mendapat informasi agar tidak salah percaya pada informasi palsu alias hoaks.

Untuk menghindari hoaks, simak rangkuman fakta seputar Magenta BUMN.

Pendaftaran Magenda BUMN

Proses pendaftaran magang dibuka sejak 16-22 Januari 2023. Adapun sejumlah informasi, tekait dengan pendaftaran bisa diakses melalui laman https://magenta.fhcibumn.com. Untuk proses seleksi dan pengumuman kelulusan, akan dilaksanakan pada 23-27 Januari 2023.

Syarat dan Cara Mendaftar

Ada beberapa syarat yang perlu diketahui, ketika Anda ingin mengikuti program Magenta BUMN. Bagi peserta, minimal SMA atau sederajat, berstatus mahasiswa, lulusan baru atau fresh graduate, dan mahasiswa lulusan D4 atau S1. Tak hanya itu saja, peserta umumnya berasal dari jurusan yang linear dan/atau memiliki keterampilan pada bidang tertentu yang ada di BUMN.

Berikut cara daftarnya:

- Langkah pertama, Anda bisa mengunjungi situs resmi rekrutmen Magenta melalui situs magenta.fhcibumn.com.

- Setelah itu, buat akun terlebih dahulu untuk dapat melakukan pendaftaran pada menu “Masuk ke Akun”.

- Isi data lainnya dengan cara klik “Lihat Profil”, kemudian lengkapi seluruh data pada menu “Data Pribadi”, “Informasi Akademik”, dan “Kelengkapan Data Pemagang”.

- Cari lowongan magang yang diinginkan dengan cara klik menu “Lowongan Magang” kemudian pilih lowongan magang yang sesuai dengan jurusan, lalu klik “Daftar Magang”.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fakta Berikutnya

Empat Program Magang

Melansir dari situs resmi Magenta, magang ini memiliki empat program, di antaranya Magang Umum, Magang Santri, Kampus Merdeka BUMN, dan Indonesia Global Talent Internship.

- Magang Umum adalah program magang yang terintegrasi dan menjadi bentuk enhancement dari magang-magang BUMN non-SKS yang sebelumnya dijalankan secara mandiri oleh masing-masing BUMN. Untuk durasi program magang ini cukup beragam, biasanya dari 1-12 bulan dan dapat diikuti oleh siswa dan mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate.

- Magang Santri tersedia bagi mahasiswa atau santri berstatus aktif dengan syarat minimal semester 5 untuk diploma, dan semester 7 untuk S-1 dari universitas Islam atau pesantren setingkat. Mereka yang memenuhi kriteria itu mendapat kesempatan untuk magang kerja secara langung di BUMN dengan jangka waktu yang ditentukan.

- Indonesia Global Talent Internship adalah program yang terbuka bagi mahasiswa aktif, pada jenjang S2 atau S3 mancanegara. Khusus untuk program ini dapat masuk ke dalam lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung pada proyek atau riset di area strategis BUMN.

Peserta magang akan mendapatkan peluang, untuk mengembangkan soft skill dan hard skill. Selain itu perserta juga mendapat sertifikat eksklusif yang ditandatangani oleh Menteri BUMN dan Ketua Umum FHCI.

 

Daftar perusahaan tempat magang di bawah naungan BUMN:

- BUMN di Industri Energi, Minyak, dan Gas Bumi: PT Pertamina dan PT PLN.

- BUMN di Industri Kesehatan: PT Bio Farma.

- BUMN di Jasa Infrastruktur: PT Adhi Karya, PT Hutama Karya, PT Jasa Marga, Semen Indonesia, dll.

- BUMN di Jasa Logistik: Perum DAMRI, PT Kereta Api Indonesia, PT Pos Indonesia, dll.

- BUMN di Industri Pariwisata: PT Garuda Indonesia.

 

- BUMN di Industri Pangan: PT Pupuk Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia, dan Perum Badan Usaha Logistik.

- BUMN di Industri Jasa Keuangan: PT Bank Mandiri, BNI (Bank Negara Indonesia), BRI (Bank Rakyat Indonesia), BTN (Bank Tabungan Negara), dan BSI (Bank Syariah Indonesia).

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS