Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kabar China Selundupkan Tim Dokter untuk Membantai Rakyat Indonesia

Beredar kabar tentang China menyelundupkan tim dokter untuk membantai rakyat Indonesia. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang China menyelundupkan tim dokter untuk membantai rakyat Indonesia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 28 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar pesan WhatsApp. Dalam pesan WhatsApp tersebut terdapat gambar video berisi sejumlah orang yang tengah berjalan mengenakan pakaian putih, mirip seragam dokter atau tenaga medis di rumah sakit.

Potongan video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa China telah menyelundupkan tim dokter untuk membantai rakyat Indonesia.

"*JAGA² SAJA,JIKA DOKTER² MAU SUNTIK KITA, KELUARGA KITA ATAU TETANGGA DENGAN ALASAN MAU PENCEGAHAN VAKSIN ATAU ANTI VIRUS,ADA INDIKASI RENCANA BUSUK PEMBUNUHAN MASSAL TEAM DOKTER DR CHINA TIONGKOK DISELUNDUPKAN DIPELABUHAN-PELABUHAN..RAKYAT INDONESIA KUDU BERHATI-HATI JIKA PEMERINTAH MEMBERIKAN KEBIJAKAN2 WAJIB TOLAK MENTAH2 KARENA INI ADA RENCANA PEMBUNUHAN MASSAL UNTUK WARGA PRIBUMI..MEREKA TAU JIKA ANIES SAMPAI NAIK JADI PRESIDEN MAKA PROYEK-PROYEK MEREKA CHINA TIONGKOK AKAN BANGKRUT!!WASPADALAH INI DOKTER-DOKTER PESANAN DR TIONGKOK SENGAJA UNTUK MEMBANTAI RAKYAT INDONESIA SECARA PERLAHAN-LAHAN..DR PIHAK RT..RW ..LURAH..CAMAT..WALIKOTA WAJIB MENOLAKNYA DEMI NYAWA ANAK-ANAK BANGSA..REZIM JOKOWI LICIK MENGHALALKAN BERMACAM CARA UNTUK MEMULUSKAN PROYEK2 OBOR MILIK CHINA TIONGKOK!!. SEJAK ENGKOH JOKO WIE MENGUASAI R1, RS PEMERINTAH SDH MULAI BYK DIISI DOKTER2 CINA, TERUTAMA DI RSCM, ADA KAH KORELASINYA DGN MENDTGKAN LSG DOKTER2 KOMUNIS CINA RRC*TOOOLOOONG DI VIRALKAN," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali dibagikan oleh warganet.

Benarkah kabar China menyelundupkan tim dokter untuk membantai rakyat Indonesia? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar China menyelundupkan tim dokter untuk membantai rakyat Indonesia. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "rombongan dokter china tiba di indonesia" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnya terdapat video identik yang dimuat channel YouTube BeritaSatu pada 14 November 2022. Video tersebut berjudul "Kapal RS China Tiba di Indonesia, Ratusan Warga Antre Layanan Gratis".

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah tenaga medis berjalan di area Jakarta International Container Terminal (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Mereka tampak mengenakan seragam berwana putih dan masker.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube BeritaSatu.</p>

Penelusuran juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci "kapal rs china tiba di indonesia" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kedatangan kapal RS China di Indonesia.

Satu di antaranya artikel berjudul "Kapal RS AL China Bersandar di Tanjung Priok, Ini Pelayanan Kesehatan yang Diberikan" yang diunggah situs Liputan6.com pada 15 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Peace Ark yang merupakan Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut Tiongkok tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada 10 November 2022 untuk melakukan misi kemanusiaan.

Misi yang dimaksud yaitu pemberian layanan kesehatan kepada warga Indonesia dan warga keturunan Tionghoa di Indonesia.

Terkait dengan misi yang dilakukan, Kementerian Kesehatan telah memberikan panduan untuk pelayanan kesehatan dalam rangka bakti sosial di wilayah pelabuhan Tanjung Priok yang dilakukan oleh personil kesehatan Warga Negara Asing (WNA).

“Layanan tersebut harus mengikuti ketentuan perundang-undangan dan tetap didampingi oleh petugas medis dari pos kesehatan TNI,” jelas Dirjen Tenaga Kesehatan, drg. Arianti Anaya Senin (14/11).

Ketentuan yang harus diikuti oleh pemberi pelayanan kesehatan diantaranya adalah Tenaga Medis WNA harus memperoleh persetujuan praktik dari Konsil Kedokteran Indonesia.

“Tenaga kesehatan selain dokter dan dokter gigi dalam Kapal tidak boleh memberikan pelayanan kesehatan” ujar drg. Anaya.

Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dilakukan di luar kapal RS (onshore). Sedangkan pelayanan kesehatan bagi WNA Cina dapat dilakukan di kapal RS (onboard).

Pelayanan kesehatan yang dapat diberikan kepada WNI meliputi pelayanan edukasi kesehatan, pemeriksaan fisik dan atau penunjang non invasif.

Sementara itu, pelayanan kesehatan yang tidak diperkenankan diberikan kepada WNI meliputi pemeriksaan fisik dan atau penunjang invasif, termasuk pemeriksaan PCR, pengambilan sampel darah dan atau material biologis lainnya.

Pemberian obat atau material apapun baik secara oral, anal, intra vena, intramuscular, inhalasi, maupun dengan cara lain, termasuk pemberian vaksin apapun juga tidak diperkenankan.

Peace Ark atau yang dalam bahasa Cina disebut "He Ping Fang Zhou" merupakan kapal rumah sakit yang dirancang dan dibangun oleh pemerintah Tiongkok. Kapal ini dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih, sehingga mampu melakukan diagnosis dan perawatan serta operasi biasa.

Peace Ark sendiri telah melakukan lusinan misi kemanusiaan, merawat lebih dari 180.000 pasien di seluruh dunia sejak ditugaskan pada 2008.

Kapal ini bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok dari 10 hingga 18 November 2022 untuk melakukan misi kemanusiaan bersama Angkatan Laut Indonesia.

Misi kemanusiaan ini adalah yang kedua setelah sebelumnya pernah dilakukan di tempat yang sama pada September 2013.

Pelayanan yang dilakukan Peace Ark dalam kunjungannya bersifat sementara dan hanya boleh dilakukan pada 10-18 November 2022 sesuai izin tinggal, dan Pusat Kesehatan TNI menyediakan personel pendamping dengan kualifikasi sejenis dan dalam jumlah yang sesuai.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=zayQJpxEq90

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar China menyelundupkan tim dokter untuk membantai rakyat Indonesia ternyata tidak benar. Faktanya, sejumlah dokter yang tiba di Indonesia tersebut merupakan tenaga medis dari Peace Ark atau Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut Tiongkok.

Kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada 10 November 2022. Mereka membawa misi perdamaian yakni pemberian layanan kesehatan kepada warga Indonesia dan warga keturunan Tionghoa di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.