Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Gempa Cianjur sampai Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di media sosial semakin beragam, kondisi ini perlu diwaspadai agar kita tidak tersesat oleh informasi yang salah.

Untuk menghindari hoaks kita perlu selektif ketika menerima informasi, dengan memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi benar dan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan sejumlah penelusuran informasi mulai dari seputar gempa Cianjur sampai piala dunia Qatar 2022. Hasil penelusuran tersebut pun didapati sejumlah hoaks.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Cristiano Ronaldo Masuk Islam di Piala Dunia 2022 Qatar

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo masuk Islam saat Piala Dunia 2022 di Qatar. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 22 November 2022.

Dalam postingannya terdapat foto Ronaldo mengenakan baju gamis berwarna putih dengan penutup kepala. Akun itu menambahkan narasi:

"Masya Allah saudaraku selamat datang di Islam. Foto Ronaldo setelah menyaksikan keajaiban kemenangan Arab Saudi 2-1 melawan Argentina"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo masuk Islam saat Piala Dunia 2022 di Qatar? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2. Erupsi Gunung Gede Sebabkan Gempa Cianjur pada November 2022

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim erupsi Gunung Gede sebabkan gempa Cianjur pada November 2022, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 November 2022.

Unggahan klaim erupsi Gunung Gede sebabkan gempa bumi Cianjur pada November 2022 tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Aya info sareng himbawan ti bmkg bandung, mengenai gempa di daerah cianjur Sukabumi dan sekitarnya, di mohon untuk tetap waspada untuk beberapa hari kedepan, dikarenakan gunung gede sedang erupsi dan pergerakan sesar cimaniri yang mengakibatkan gempa bumi. Tetap waspada!"

Selain itu juga tangkapan layar Press Release Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung, tentang waspada aktivitas pergerakan sesar Cimandiri dan Erupsi Gunung Gede yang mengakibatkan gempa bumi.

Benarkah klaim erupsi Gunung Gede sebabkan gempa bumi Cianjur pada November 2022? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. ndomaret Bagikan Uang Rp 700 Ribu untuk Peringati Ulang Tahun ke-34

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Indomaret membagikan uang Rp 700 ribu dalam rangka ulang tahun ke-34. Informasi tersebut dibagikan lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Indomaret membagikan uang Rp 700 ribu dalam rangka ulang tahun ke-34, berupa tautan sebagai berikut.

"http://r.harvestpanoramic.cn/indomaret-aq/tb.php?pw=cy1669810997191"

Jika tautan tersebut diklik maka muncul halaman situs yang terdapat tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!

Indomaret 34th Anniversary Limited Time Gift

Through the questionnaire, you will have a chance to get 700000 Rupiah ."

Benarkah klaim Indomaret membagikan uang Rp 700 ribu dalam rangka ulang tahun ke-34? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Pertamina Bagikan Subsidi BBM Rp 700 Ribu untuk Peringati HUT ke-55

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pertamina (Persero) membagikan subsidi Bahan Bakar Minyak atau BBM sebesar Rp 700 ribu dalam memperingati hari ulang tahun ke-55. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Pertamina bagikan subsidi BBM sebesar Rp 700 ribu untuk peringati HUT ke-55 berupa tautan sebagai berikut.

"http://r.feedignixte.cn/pertaminawhats/tb.php?bn=dp1669810328750"

Jika tautan tersebut diklik, maka mengarah pada halaman sebuah situs seperti berikut.

"🎉Pertamina 55th Anniversary Fuel Subsidy!🎊

2 December, 2022

Congratulations!

Pertamina 55th Anniversary Fuel Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 700000 Rupiah."

Dalam situs tersebut penerima pesan diarahkan untuk isi kuesioner.

Benarkah Pertamina bagikan subsidi BBM sebesar Rp 700 ribu untuk peringati HUT ke-55? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halam berikut ini.

 

5. Polytron Bagi-Bagi 670 Set Top Box TV Lewat Akun Facebook

Kabar tentang produsen barang elektronik, Polytron membagikan 670 unit set top box TV beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook yang mencatut Polytron, Polytron FANS.

Akun Facebook tersebut mengunggah informasi adanya program bagi-bagi 670 unit set top box TV dari Polytron. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan setop box TV tersebut, diminta untuk menulis "Saya mau" di kolom komentar postingan tersebut.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan 670 Set top box TV yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan, semua masih berfungsi dengan baik, jadi kami akan mengirimkannya secara acak kepada seseorang yang menulis "Saya mau" berlaku sampai tanggal 30 November 2022," tulis akuN Facebook Polytron FANS.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 5.800 kali dibagikan dan mendapat 13 ribu komentar dari warganet.

Benarkah informasi Polytron membagikan 670 set top box TV lewat akun Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

6. Adopsi Bayi Korban Gempa Cianjur di Sebuah Rumah Sakit 

Kabar tentang adanya adopsi bayi korban gempa Cianjur, Jawa Barat di sebuah rumah sakit beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video suasana sebuah rumah sakit. Terdapat sejumlah bayi dan pasien lainnya yang sedang ditangani tenaga medis. Video itu kemudian dikaitkan dengan adanya kabar adopsi bayi korban gempa Cianjur, Jawa Barat di sebuah rumah sakit.

"Yg tertarik adopsi bayi korban gempa Cianjur, silahkan hub no tsb," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 15 kali ditonton dan mendapat respons dari sejumlah warganet.

Benarkah informasi adopsi bayi korban gempa Cianjur, Jawa Barat di sebuah rumah sakit? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS