Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Indomie Goreng Rasa Ganja hingga Poster Konser Cinta Leslar Bersemi Kembali

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim Indomie goreng dengan rasa ganja. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Juni 2022. Dalam postingannya terdapat foto seseorang memegang bungkus Indomie dengan tulisan "Mi Goreng Ganja".

Akun itu menambahkan narasi "kirain mi goreng aceh ehh ternyata..."

Namun setelah ditelusuri, postingan foto Indomie goreng dengan rasa ganja adalah hoaks. Faktanya foto dalam postingan itu telah diedit dan Indomie tidak mempunyai varian rasa ganja.

Selain foto Indomie goreng rasa ganja, terdapat foto hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Poster Konser Cinta Leslar Bersemi Kembali

Kabar tentang Indosiar akan menggelar konser bertajuk Cinta Leslar Bersemi Kembali beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 17 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah poster yang diklaim acara Konser Cinta Leslar Bersemi Kembali yang akan digelar oleh Indosiar pada Minggu 23 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB.

"Setelah kurang lebih 10 hari menghadapi cobaan 😭

Kini sang kejora bangkit kembali dengan cinta dan kasih sayang dari Kaka bilar ❤️❤️

Jangan lupaaaaa saksikan konser Lesty kejoraaaa dengan tema LESLAR BERSEMI KEMBALI ❤️

Gak sabar banget sih pengen nonton 🥰

Persiapannya WOW BANGET ⤵️," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 30 kali dibagikan dan mendapat 119 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, foto poster yang diklaim Indosiar menggelar konser bertajuk Cinta Leslar Bersemi Kembali ternyata tidak benar alias hoaks. Lewat akun Instragram resminya, Indosiar memastikan bahwa poster tersebut adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS