Sukses

Bagi-Bagi Hadiah Hoaks Sepekan: Uang Tunai dari Inul Daratista hingga TikTok Bagikan Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam konten bagi-bagi hadiah.

Satu di antaranya postingan pedangdut Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut Inul, Live Inul Daratista.

Akun Facebook tersebut mengunggah video Inul Daratista yang sedang berbicara di depan kamera. Video itu kemudian disandingkan dengan foto wanita yang diduga Lesti Kejora.

Kemudian akun Facebook tersebut mengunggah narasi akan memberikan uang tunai Rp 35 juta jika ada warganet yang bisa menebak luka pada foto tersebut.

"📌Y̲A̲N̲G̲ ̲B̲I̲S̲A̲ ̲M̲E̲N̲E̲B̲A̲K̲ ̲D̲E̲N̲G̲A̲N̲ ̲B̲E̲N̲A̲R̲ ̲LUKA ̲Y̲G̲ ̲A̲D̲A̲ ̲D̲I̲ ̲G̲A̲M̲B̲A̲R̲ ̲A̲K̲A̲N̲ ̲S̲A̲Y̲A̲ ̲T̲R̲A̲N̲S̲F̲E̲R̲ ̲UANG TUNAI.̲ 35 JUTA RUPIAH," tulis akun Facebook Live Inul Daratista.

Konten yang disebarkan akun Faceboook tersebut telah 4.800 kali ditonton dan mendapat 147 komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, informasi Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook ternyata tidak benar alias hoaks.

Inul Daratista tidak memiliki akun Facebook. Diduga, akun Facebook yang mencatut nama Inul merupakan modus penipuan.

Selain klaim Inul Daratista membagikan uang tunai lewat Facebook, terdapat konten bagi-bagi hadiah hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Trans7 Bagikan Uang Rp 50 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Trans7 bagikan uang Rp 50 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi Trans7 bagikan uang Rp 50 juta.

"💯INDONESIA GIVEAWAY✅

✅SELAMAT ANDA TERPILIH SEBAGAI PEMENANG GIVE AWAY 📝 TRANS 7*50.000.000.-*

💰PEMENANG GIVE AWAY 💰

Info Lengkap Silahkan isi formatnya Rekening :

📝 *NAMA LENGKAP*:

📝 *NAMA KELURAHAN*:

📱 *NAMA KABUPATEN*:

📱 *NAMA PROVINSI*:

📝 *NAMA BANK* :

📝 *NAMA PEMILIK REK* :

📝 *NO REKENING* :

📝 *NO WA* :

📝 PEKERJAAN :

🙏 *HARAP PASTIKAN REGISTRASI*

*DATA ALAMAT REKENING*

*SUDAH LENGKAP*

*TERIMA KASIH*"

Setelah ditelusuri, informasi Trans7 bagikan uang Rp 50 juta adalah hoaks yang berulang. Informasi tersebut merupakan salah satu usaha penipuan yang mengatasnamakan Trans7.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

TikTok Bagikan Hadiah Mobil hingga Uang Rp 75 juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta berupa tulisan yang menyatakan nomor WhatApp pengguna mendapatkan hadiah dari TikTok Indonesia, untuk mengambil hadiah tersebut penerima pesan diarahkan untuk mengklik tautan yang tertera dalam pesan tersebut.

Berikut tulisannya.

"------ INFO RESMI -------

Selamat No WhatsAppAnda Mdptkan Hadiah dr TIKTOK INDONESIA ID

Cara pengambilan

Hadiah Cek dilink:

Bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIA"

Ketika tautan tersebut diklik maka mengarah pada halaman situ yang berisi informasi sebagai berikut.

"GIVE AWAY TIKTOK CASH

GALERY PEMENANG HADIAH GIVE AWAY TIKTOK CASH

Disampaikan Kepada Saudara(i) Pemenang yang beruntung mendapatkan Pesan Resmi Undian TIKTOK CASH disertai dengan KODE ID PEMENANG Yang mencantumkan alamat Situs Resmi kami:https://bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIABerarti Sah selaku pemenang Resmi Hadiah langsung dari TIKTOK CASHSELAMAT... Kepada Para Pemenang Yang beruntung Di Tahun 2022. Silahkan Anda Cocokkan KODE ID PEMENANG Yang Telah Anda Terima melalui Via Pesan Whatsapp Dari TIKTOK CASH Dengan Hadiah Yang Sudah Terterah Di Bawah ini.Jika ada Kesamaan anda Segera Konfirmasi atau Menghubungi Melalui Nomor Yang Telah Tercantum Di Situs ini."

Dalam halaman situs tersebut juga menyertakan hadiah yang bisa didapat mulai dari mobil, motor hingga uang Rp 75 juta. Penerima pesan pun diarahkan untuk melakukan verikfikasi pin pemenang.

Setelah ditelusuri, informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta adalah hoaks. Informasi resmi dari TikTok hanya akan dilakukan atau dibagikan melalui jalur komunikasi resmi dari TikTok Indonesia.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS