Sukses

Ragam Hoaks Seputar Kelahiran yang Viral di Masyarakat, Simak Faktanya

Hoaks seputar kelahiran ternyata kerap beredar dan viral di masyarakat. Hoaks ini muncul di media sosial dan aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar kelahiran ternyata kerap beredar dan viral di masyarakat. Hoaks ini muncul di media sosial dan aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar kelahiran yang viral? Simak beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Wanita dalam Video Ini Melahirkan 10 Bayi Kembar

Sebuah video yang diklaim seorang wanita melahirkan 10 bayi kembar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 6 September 2022.

Video berdurasi 14 detik itu memperlihatkan seorang wanita tengah duduk di ranjang sebuah rumah sakit. Perutnya terlihat membesar.

Pada klip selanjutnya, tampak seorang perawat tengah mengurus sejumlah bayi. Video itu kemudian dikaitkan bahwa wanita tersebut telah melahirkan 10 bayi kembar sekaligus.

"Ya Allah bayi kembar 10," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 12 ribu kali ditonton dan mendapat 2 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu seorang wanita telah melahirkan 10 bayi kembar sekaligus? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Terbukti Kulit Bayi Baru Lahir Melepuh karena Sang Ibu Divaksin COVID-19

Klaim tentang kulit bayi yang baru lahir melepuh karena sang ibu disuntik vaksin COVID-19 beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 26 Februari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar seorang bayi yang kulit paha dan punggungnya memerah. Kulit bayi itu diklaim melepuh karena efek dari vaksin yang diterima sang ibu.

"KULIT BAYI BARU LAHIR MELEPUH SANG IBU V*KS*N SEBELUM MELAHIRKAN," demikian narasi dalam gambar tersebut.

"Awww sakit nya di enjusss," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 4 komentar warganet.

Benarkah kulit bayi yang baru lahir akan melepuh karena sang ibu disuntik vaksin COVID-19? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Disinformasi Seorang Ibu di Tasikmalaya Bisa Hamil dan Melahirkan dalam Waktu 1 Jam

Dalam sepekan terakhir, media sosial Facebook diramaikan dengan seorang ibu di Tasikmalaya yang melahirkan bayi setelah satu jam hamil. Benarkah?

Seperti yang diunggah pemilik akun Ergra Azwan Hamid. Berikut narasi soal ibu hamil setelah satu jam melahirkan:

"Medsos dihebohkan dengan kisah ibu di Tasikmalaya yang katanya melahirkan bayi setelah sekitar satu jam kehamilan,..."

Sementara akun Update Muarajawa mengunggah video tentang ibu yang melahirkan bayi dengan kehamilan selama satu jam di Tasikmalaya.

"#Viral seorang ibu hamil sejam sebelum melahirkan, Tasikmalaya," kata Update Muarajawa sebagai keterangan foto.

Lalu benarkah seorang wanita bisa hamil kemudian melahirkan dalam rentang waktu satu jam? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.