Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Penampakan Alien Menginvasi India

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan alien menginvasi India, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2022.

Klaim video penampakan alien menginvasi India berupa video dua orang mengendarai sepeda motor kemudian bertemu dengan sosok sedang berjalan tersorot lampu kendaraan tersebut.

Selain video, klaim tersebut juga mengunggah foto yang menampilkan sejumlah sosok berkepala dan mata besar.

Video dan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"India

Makhluk aneh dengan anggota badan yang panjang muncul di sebuah jambatan yang terletak di Jharkhand, India. Kejadian aneh itu mengejutkan warga yang melintas di tempat itu dan ada yang merekam video kejadian yang menjadi viral.

Pengguna medsos membandingkan watak itu dengan wanita telanjang, walaupun mereka kebanyakan percaya bahawa ia adalah makhluk asing. Yang lain menganggap bahwa itu bisa jadi monster, jadi mereka meminta NASA untuk memberi komen mengenainya. ūü§™

09.06.2021

#ClimateChange

Acara Alien Invasion sudah di mulai..."

Benarkah klaim video penampakan alien menginvasi India? Simak hasil penelusuruan Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penampakan alien menginvasi India dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim penampakan alien menginvansi India</p>

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Alien Sighting In Jharkhand? The Truth Behind This Viral Video" yang dimuat situs ndtv.com, pada 3 Juni 2021.

Artikel situs ndtv.com mengulas video yang identik dengan klaim.

 

<p>Penelusuran klaim penampakan alien menginvansi India</p> 

Artikel situs situs ndtv.com menyebutkan, Jan Doot News, saluran berita lokal, mewawancarai dua pria yang merekam video tersebut, dan mereka mengkonfirmasi bahwa sosok itu sebenarnya adalah seorang wanita yang berjalan telanjang di malam hari.

Deepak, salah satu pria, mengatakan dia dan temannya sedang kembali ke Seraikela ketika mereka melihat wanita aneh itu berjalan telanjang. Sementara mereka awalnya takut dengan pemandangan itu dan melanjutkan perjalanan, mereka kembali beberapa menit kemudian untuk merekam wanita itu.

"Itu adalah seorang wanita yang berjalan di jalan tanpa pakaian... Klip yang beredar online berdurasi 30 detik, saya memiliki video penuh satu setengah menit," kata Deepak dalam bahasa Hindi.

Alt News menghubungi Deepak untuk detail lebih lanjut dan mengetahui bahwa video tersebut tidak direkam di Hazaribagh, seperti yang telah diklaim secara luas secara online, tetapi di Seraikela di distrik Kharsawan.

"Kami kembali ke Seraikela dari Chakradharpur setelah menghadiri pemakaman ibu seorang teman. Kami takut ketika pertama kali melihat wanita itu dan berhenti di sebuah toko dekat jalan raya. Ketika beberapa orang lain mencapai tempat itu, kami bertanya apakah mereka juga melihat wanita itu. wanita. Dia bukan penyihir. Dia wanita dan ini juga dikonfirmasi oleh orang yang lewat," kata Deepak.

Dia menambahkan bahwa video itu direkam pada 27 April.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar foto klaim untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim penampakan alien menginvansi India</p>

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "TV Review: ‚ÄėDeath Valley‚Äô is off to a great start on ‚ÄėAHS: Double Feature‚Äô" yang dimuat situs¬†thepostathens.com,¬†pada 30 September 2021.¬†

Situs thepostathens.com memuat unggahan foto yang identik dengan klaim.

<p>penelusuran klaim penampakan alien menginvansi India</p>

Artikel situs¬†thepostathens.com mengulas tentang film berjudul "‚ÄėDeath Valley‚Äô".

Sumber:

https://www.ndtv.com/offbeat/alien-sighting-in-jharkhand-the-truth-behind-this-viral-video-2455476

https://www.thepostathens.com/article/2021/09/american-horror-story-death-valley-review-aliens

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video penampakan alien menginvasi India tidak benar.

Dua pria yang merekam video tersebut mengkonfirmasi bahwa sosok itu sebenarnya adalah seorang wanita yang berjalan telanjang di malam hari.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS