Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Penampakan Anak Putri Duyung

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim penampakan anak putri duyung beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Agustus 2022.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan dua bayi yang sedang tertidur. Namun, bagian bawah tubuh bayi memiliki sirip mirip ikan.

Video itu kemudian dikaitkan dengan penampakan ikan berbadan manusia atau anak dari putri duyung.

"Kaget!! Melihat Dua Ikan Berbadan seperti Anak Manusia. Apakah Seperti ini Anak Putri Duyung?" demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 22 kali ditonton dan mendapat 484 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut merupakan penampakan anak putri duyung? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim penampakan anak putri duyung. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat video serupa yang diunggah akun Instagram @makeupknob pada 9 Januari 2022. Akun Instagram @makeupknob menuliskan narasi bahwa video itu berasal dari akun Instagram @torydolls.

Akun Instagram @torydolls juga mengunggah video serupa. Video itu pertama kali diunggah pada 21 Juli 2021. Akun Instagram @torydolls menyebut bahwa bayi bersirip itu merupakan sebuah boneka hasil karyanya.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @torydolls.</p>

"Saya sudah kembali dari perjalanan saya, jadi saya melanjutkan aktivitas artistik saya ..✈️

Seperti yang Anda ingat, saya masih mengerjakan putri duyung kecil untuk acara #Fashion di #london ❤️Berikut beberapa pencarian saya untuk warna putri duyung kecil, ada dua boneka yang digarap sekaligus.

Saya suka bagaimana dia menjadi hidup. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya pikir banyak orang bertanya-tanya bagaimana keadaannya. 😊

Saya melihat lebih dekat pada ekornya untuk Anda, sehingga Anda dapat melihat bahwa bagian tertipis hanya 1mm. Ini adalah pencapaian besar bagi saya dan tim kreatif saya.

Pengalaman yang luar biasa, jadi saya harap ini akan menjadi karya yang layak dan akan mengesankan para tamu #Fashion show🙏

Ketika saya membawanya dari bengkel dan mengambil gambar di kap mobil saya, saya secara tidak sengaja membuat orang yang lewat sangat terkesan dan terkejut, karena tidak semua orang dapat memahami bahwa itu hanya boneka atau semacam buatan tangan. 😨😅

untuk jaga-jaga, jangan cari yang lemah hati 😂," tulis akun Instagram @torydolls.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CYhD4zItRTL/

https://www.instagram.com/p/CRl_EmIos4N/

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim penampakan anak putri duyung ternyata tidak benar. Faktanya, sosok bayi yang memiliki sirip pada bagian kakinya itu merupakan sebuah boneka.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS