Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video UFO Muncul di Tanah Abang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 26 Juli 2022.

Video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan sejumlah warga memenuhi sebuah jalanan. Tak hanya warga, ada juga petugas kepolisian berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Seketika, muncul benda mirip UFO di atas langit. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar UFO muncul di Tanah Abang.

"UFO sudah satu jam lebih berada diatas daerah Tanah Abang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 396 ribu kali ditonton dan mendapat 845 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu UFO muncul di Tanah Abang? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan memasukkan kata kunci "@kaufikanril" di kolom pencarian Google Search. Sebab, kata kunci "@kaufikanril" terlihat dalam video tersebut.

Hasilnya, video serupa ternyata pernah diunggah akun Instagram @kaufikanril pada 26 Februari 2019. Akun Instagram @kaufikanril menyebut bahwa video penampakan UFO merupakan hasil editan.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @kaufikanril.</p>

"Benda asing mirip UFO melayang hampir sejam di bandung

Sore hari tiba tiba masyarakat kota bandung dikejutkan oleh benda asing mirip UFO yang melayang diatas langit kota Bandung. Tak lama setelah kemunculan benda asing tersebut terlihat beberapa jet tempur TNI bermanuver mengelilingi benda asing tersebut.

Kurang lebih setengah jam kejadian ini berlangsung, entah kenapa tiba tiba benda asing itu pun bergerak meninggi dan hilang bak ditelan awan. Masyarakat yg sempat panik pun akhirnya membubarkan diri dan keadaan kembali normal

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Cerita diatas adalah FIKSI belaka 🤣 buat membuka mata kalian, betapa canggihnya teknologi komputer saat ini. Bahkan orang rumahan pun bisa merekayasa video seperti ini. Video aja bisa, apalagi cuma foto, apalagi cuma KTP yg siapapun bisa ngeditnya. Jadi jangan mudah tertipu yaaaa.... apqlagi jaman hoax seperti sekarang. Cuma modal #smartphone #samsung dan software pengolah video, jadi deh.

#saynotohoax #hoax#bandung #bandungjuara #jabar #jabarjuara #filmmaker #cinematography #ufo #samsung #samsunggalaxynote9 #sansungindonesia," tulis akun Instagram @kaufikanril.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/BuWPU4NHF9U/

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang ternyata tidak benar alias hoaks. Video tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.