Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Aksi Penembakan di BRI Cabang Batulicin

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video penembakan yang diklaim terjadi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Juni 2022.

Dalam video berdurasi 30 detik memperlihatkan aksi baku tembak antara petugas keamanan dengan seorang pria. Peristiwa itu diduga terjadi dalam sebuah bank. Dalam video itu juga terdapat narasi bahwa baku tembak terjadi di BRI cabang Batulicin.

"BRI CABANG BATULICIN," demikian narasi dalam video itu.

"Ngeri🔫🔫," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 547 kali direspons dan mendapat 733 komentar dari warganet.

Benarkah video itu merupakan aksi penembakan di BRI cabang Batulicin? Berikut penelusurannya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim aksi penembakan di BRI cabang Batulicin. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video itu. Satu di antaranya video berjudul "Watch: Brazil bank robbery ends horribly for suspects [video]" yang dimuat situs swisherpost.co.za pada 22 Juni 2022.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs swisherpost.co.za.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video baku tembak antara seorang pria dan petugas keamanan terjadi di sebuah bank di Brasil.

Ketika itu seorang pria yang diidentifikasi sebagai Nilton César Silva Aguiar, menyerang seorang petugas keamanan sebuah bank di São Mateus do Maranhao, Brasil pada 20 Juni 2022.

Akibat penyerangan secara tiba-tiba tersebut, seorang petugas keamanan mengalami luka di bagian lengan dan segera dilarikan ke rumah sakit, sedangkan Aguiar tewas di tempat sebelum sempat kabur dari lokasi.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah insiden itu, Polisi Sipil Maranhão mengonfirmasi Aguiar adalah satu dari 10 buronan yang melarikan diri dari fasilitas penjara di kota Teresina, Brasil timur laut, pada April 2022.

Diyakini Aguiar adalah bagian dari sindikat penculikan. Penjaga keamanan menderita luka tembak di lengannya dan segera dirawat di fasilitas kesehatan terdekat.

 

Referensi:

https://swisherpost.co.za/crime/watch-brazil-bank-robbery-caught-cctv-video/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video aksi penembakan yang diklaim terjadi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ternyata tidak benar. Faktanya, video baku tembak tersebut terjadi di sebuah bank di São Mateus do Maranhao, Brasil.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.