Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Kotak Sereal Bernama Cocopox hingga Kartu Nikah dengan Kolom 4 Istri

Beberapa foto hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim kotak sereal bernama "Cocopox". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Twitter. Akun itu mempostingnya pada 22 Mei 2022. Dalam unggahannya terdapat gambar sereal dengan nama "Coco Pox" dan di atasnya terdapat tulisan Schwabs.

Selain itu terdapat unggahan lain di Facebook dengan gambar yang sama disertai narasi:

"And in breaking news, the WEF have just released their new breakfast cereal to the market. Schwabs himself is happy to put his name to this product and it is said to be just like a c0v1d crisis but with blisters. There is some concern that the product sales may over shadow the upcoming supply of high protein Cricket products that they have in mind to replace meat, but the opportunity to release this product onto the market was just too good to resist. Bill Gates is reportedly rubbing his hands in glee whilst smiling upside down."

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia:

"Dan dalam berita terbaru, WEF baru merilis sereal sarapan mereka ke pasar. Schwabs sendiri dengan senang hari menaruh namanya pada produk tersebut dan dijelaskan bahwa sama halnya dengan krisis covid, tapi dengan luka melepuh. Terdapat kekhawatiran penjualan produk tersebut akan mengalahkan produk Cricket tinggi protein yang akan datang berupa penggantian daging, tetapi kesempatan untuk merilis produk ini ke pasar terlalu baik untuk dilawan. Bill Gates dilaporkan sedang mengusap tangannya sambil tersenyum terbalik."

Namun setelah ditelusuri, postingan berisi gambar kotak sereal yang bernama "Cocopox" adalah hoaks. Faktanya, produk sereal dalam gambar tersebut adalah "Coco Pops" milik perusahaan makanan, Kellogg's.

Selain foto yang diklaim kotal sereal "Cocopox", terdapat foto hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Puan Maharani Berdiri di Podium Juara 1 Formula E

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Ketua DPR RI, Puan maharani berdiri di podium juara satu Formula E Jakarta atau E-Prix. Foto tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 Juni 2022.

Unggahan klaim foto Puan Maharani berdiri di podium juara satu Formula E Jakarta menampilkan podium penyerahan piala untuk terdapat tulisan "2ND, 1ST, 3D" pada podium tersebut dengan urutan tinggi yang berbeda.

Di podium bertuliskan "1ST" terdapat sosok Puan Maharani sedang berdiri dengan latar belakang tulisan FORMULA 2022 JAKARTA E-PRIX" disertai dengan logo lainnya.

Foto tersebut diberi keterangan

"Juara apaan inihh..?!"

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Ketua DPR RI, Puan maharani berdiri di podium juara satu Formula E ternyata tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Foto Kartu Nikah dengan Kolom 4 Istri

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Kementerian Agama mengeluarkan kartu nikah dengan kolom empat istri. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 4 Juni 2022.

Dalam unggahannya terdapat gambar kartu nikah dengan gambar foto seorang pria di bagian depan dan foto istri dengan empat kolom di bagian belakang.

Akun itu menambahkan narasi "Apa sudah ada yg memiliki.... mohon info cara mengurus kartunya....."

Setelah ditelusuri, postingan yang mengklaim Kementerian Agama mengeluarkan kartu nikah dengan kolom empat istri adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.