Sukses

Mitos Kesehatan Sepekan: Deteksi Asam Urat dengan Jari Tangan hingga Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Sembuhkan Asam Lambung

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya informasi cara mendeteksi asam urat melalui jari tangan. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2022.

Dalam video berdurasi 15 detik itu terdapat cara untuk mengetahui tanda asam urat. Yakni jika jari bisa menyentuh telapak tangan saat ditekuk maka asam uratnya normal.

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Cara mudah cek asam urat

Buat yang tunggunLEON ♡ KHANSALUCAS ♡ KALILA

nanti akan segera up ya, Authornya nginem dulu, nyuci baju emak bapak

Nah, sambil nunggu Author mau share video bermanfaat, cara mudah cek asam urat normal atau tidak"

Namun setelah ditelusuri, postingan video cara untuk mendeteksi asam urat melalui jari tangan adalah hoaks. Tes asam urat hanya bisa dilakukan melalui tes darah atau urine di laboratorium.

Selain cara mendeteksi asam urat dengan jari tangan, terdapat mitos kesehatan lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Mengonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

Klaim mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah dapat menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 4 Februari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi ramuan dari rebusan tepung kanji dan gula merah. Ramuan itu diklaim bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus.

"Thun 2012 sya prnh infeksi usus, dan asam lambung akut,, smpe opname di RS 10 hari,,, ga ada perubahan, akhirnya pulang,, ibaen omakku ma ubat,,,

obat nya cma ini👇

Tepung kanji digodok (dimasak) sama gula merah hingga mngental,, dimakan saat perut kosong bangun pagi,, konsisten slma 2 Minggu,,

Attor malum do tutu,, di lem akka nabocor halus, akka dinding lambung Niba na terkikis i, attor Poltik pakkilalan,,

Smnjak dr situ smpe skrng ga prnh lagi bermasalah namanny bagian dalam, aplg asam lambung..

Sgera praktek kan ya teman teman,, obat termanjur ini, mudah didapat, anti ribet,,,Slmat manogot ma dihita 🙏," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 53 ribu kali ditonton dan mendapat 148 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.