Sukses

Kemendagri Dorong Pemda Tingkatkan Literasi Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah IV Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zanariah mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk berkolaborasi dalam meningkatkan literasi masyarakat.

"Kemendagri mendorong Pemda untuk membuka pintu kolaborasi seluas-luasnya, baik kolaborasi dengan industri, pegiat literasi, media maupun komunitas," ujar Zanariah dilansir dari Antara, Kamis (26/5/2022).

Menurut dia, pihaknya memiliki komitmen untuk melakukan sinkronisasi dalam mendukung perkembangan perpustakaan untuk meningkatkan literasi.

Kemendagri, kata dia, dalam mendukung perpustakaan tidak langsung turun ke masyarakat. Namun, bagaimana mendorong pemerintah daerah melalui program kebijakan untuk dapat melaksanakan dan membuat komitmen baik dengan pemangku kepentingan.

"Oleh karena itu kolaborasi sangat diperlukan," kata dia.

Anggota Komisi X DPR Putra Nababan mendorong perpustakaan daerah agar dapat menjadi penghubung antara Perpusnas dan masyarakat.

"Perpustakaan daerah harus bisa menjadi penghubung antara Perpusnas dan masyarakat. Masyarakat didorong untuk dapat mengakses bahan bacaan yang ada di Perpusnas," kata Putra.

Ia mengatakan bahwa saat ini generasi muda kekurangan bahan bacaan yang bisa dipercaya karena lebih banyak mengakses media sosial. Oleh karenanya, Perpusnas harus hadir di gawai generasi muda.

“Absennya bahan bacaan akan berdampak pada generasi muda dalam jangka panjang,” kata Putra.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.