Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar yang Tidak Divaksin Lebih Sehat Dibanding Divaksin

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim orang yang tidak divaksin lebih sehat ketimbang yang divaksin

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim orang yang tidak divaksin lebih sehat ketimbang yang divaksin. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 12 April 2022.

Unggahan klaim orang yang tidak divaksin lebih sehat ketimbang yang divaksin, berupa tangkapan layar dengan tulisan sebagi berikut.

"BIG Study finds unvaccinated are heal thier than vaccinated"

Benarkah klaim orang yang tidak divaksin lebih sehat ketimbang yang divaksin? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim orang yang tidak divaksin lebih sehat ketimbang yang divaksin, dengan menghubungi Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Nadia mengatakan, vaksin memberikan pelindungan pada tubuh sebab kekebalan sudah terbangun, sehingga tubuh siap menghadapi virus atau bakteri yang menyerang.

"Kan beda kalau tentara terlatih sama yang tidak terlatih sama sekali kan," kata Nadia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Nadia juga menyatakan, vaksin akan membuat kekebalan di dalam tubuh semakin kuat mengenali dan melawan penyakit. 

"Justru vaksin adalah pelatih sistim kekebalan tubuh kita sehingga kekebalan tubuh kita mengenali penyakit dan akan lebih siap," jelas Nadia.

Nadia pun membatah kabar yang menyebutkan vaksin Covid-19 membahayakan kekebalan tubuh tidak benar.

"Itu hoaks ya," kata Nadia.

Dalam artikel berjudul "Ahli Mikrobiologi: Kekebalan Kelompok Lindungi Orang yang Belum Divaksin" yang dimuat situs Liputan6.com,  ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr Amin Soebandrio menyatakan, dengan cakupan 70 persen dari populasi yang menerima vaksinasi COVID-19, maka orang-orang yang belum divaksin akan terlindungi. Oleh karena itu, penting agar semakin banyak individu menerima vaksin untuk menciptakan kekebalan kelompok. 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klim orang yang tidak divaksin lebih sehat ketimbang yang divaksin tidak benar. Faktanya, vaksin akan membuat kekebalan di dalam tubuh semakin kuat mengenali dan melawan penyakit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.