Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Warung Makan Dibakar karena Buka Saat Bulan Puasa

Beredar foto yang diklaim sebuah warung makan dibakar warga karena buka saat bulan puasa. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Foto yang diklaim sebuah warung makan dibakar warga karena buka saat bulan puasa beredar di media sosial. Foto tersebut beredar dalam artikel berjudul "Kejadian Tadi Siang Warung Makan Dibakar Warga Terkait Berjualan di Bulan Puasa, Pemilik Warung Pasrah dan Menangis: Apa Salahku" yang dimuat situs roketasia.my.id.

Dalam foto itu, tampak sebuah rumah terbakar. Api terlihat telah membakar bagian atas rumah. Sejumlah warga juga tampak memenuhi lokasi kebakaran.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan dibakarnya sebuah warung makan karena buka saat bulan puasa. Artikel itu juga disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 8 April 2022 lalu.

"Kejadian Tadi Siang Warung Makan Dibakar Warga Terkait Berjualan di Bulan Puasa ,Pemilik Warung Pasrah dan Menangis :Apa Salahku 😭😭😭," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu warung makan dibakar warga karena buka saat bulan puasa? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebuah warung makan dibakar warga karena buka saat bulan puasa. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Namun, foto itu bukan peristiwa dibakarnya warung makan karena buka saat bulan puasa. Foto itu adalah peristiwa terbakarnya dua rumah warga di Sibolga.

Informasi ini dikutip dari artikel berjudul "Dua Rumah Warga Di Jalan Bawal Sibolga Terbakar" yang dimuat situs waspada.id pada 28 Januari 2021.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs waspada.id.

SIBOLGA (Waspada) : Kebakaran rumah terjadi di Jl Bawal, Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga. Kamis (28/1) siang.

Sedikitnya dua unit rumah berkonstruksi kayu milik Otoli Ndraha yang sehari-hari bekerja sebagai penarik becak ludes dalam peristiwa itu.

Otoli menjelaskan saat kejadian sekitar pukul 12.30 WIB, ia sedang menonton tv di ruang tamu, tiba-tiba api muncul dari atap rumah seketika api langsung membesar.

“Saya sedang menonton, ramai orang disini yang duduk, orang pekerja yang disamping itulah, pas saya melihat langit-langit duluan asap yang terlihat, langsung saja terlihat api itu terkejut aku, langsung keluarlah kami ramai-ramai, pas sampai di pintu menyambar semua apinya,” kata Otoli.

Kejadian nahas itupun membuat barang-barang berharga milik Otoli Ndraha hangus terbakar.

“Tak ada barang yang bisa diambil, terbakar semua, surat-surat, dan barang yang lain pun terbakar semua,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Aek Muara Pinang Doli Ritonga mengatakan, sebanyak dua unit rumah terbakar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Korban jiwa tidak ada, selanjutnya kami akan berupaya untuk membantu memfasilitasi termasuk surat-surat nya, dua unit rumah yang dihuni dua kepala keluarga,” ungkapnya.

Pihak kepolisian saat ini tengah melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran. Pengamatan di lokasi, api berhasil di padamkan satu jam kemudian setelah 4 unit mobil Pemadam Kebakaran milik Pemerintah Kota Sibolga dan petugas dibantu dengan warga berjibaku memadamkan api.

Referensi:

https://waspada.id/sumut/dua-rumah-warga-di-jalan-bawal-sibolga-terbakar/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebuah warung makan dibakar warga karena buka saat bulan puasa ternyata tidak benar. Faktanya, foto itu adalah peristiwa terbakarnya dua rumah warga di Sibolga pada Januari 2021 lalu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.