Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jalan Tomo Sumedang Amblas

Beredar foto yang diklaim jalan Tomo Sumedang, Jalur Cirebon-Bandung amblas. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim jalan Tomo Sumedang, Jalur Cirebon-Bandung amblas beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Maret 2022.

Dalam foto tersebut, tampak sebuah jalan mengalami kerusakan parah. Sejumlah petugas juga terlihat menutup jalan tersebut agar tidak dilewati pengemudi.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan amblasnya jalan Tomo Sumedang yang merupakan jalur Cirebon-Bandung.

"Jalur Cirebon - Bandung tepatnya di Tomo Sumedang Amblas dan tak bisa dilalui kendaraan hari ini, Selasa 15 Maret 2022. Begini kondisinya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 24 kali dibagikan dan mendapat 10 komentar warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan amblasnya jalan Tomo Sumedang, jalur Cirebon-Bandung? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim jalan Tomo Sumedang, Jalur Cirebon-Bandung amblas. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memasang foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Jalan di Kabupaten Timor Tengah Utara Amblas" yang dimuat situs kupang.antaranews.com pada 11 Februari 2017 lalu.

Dalam artikel itu, foto jalan amblas itu berada di Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya jalan yang menghubungkan Desa Oemanu dengan Desa Ponu di Kecamatan Biboku Anleu, Kabupateng Timor Tengah Utara.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kupang.antaranews.com.

Penelusuran juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci "foto jalan amblas sumedang" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah bahwa foto tersebut merupakan peristiwa jalan amblas di Sumedang.

Satu di antaranya artikel berjudul "Beredar Foto Jalan Amblas di Sumedang, Polisi Pastikan Itu Hoaks" yang dimuat situs kompas.com pada 15 Maret 2022.

SUMEDANG, KOMPAS.com - Sejak Rabu (9/3/2022) dini hari, jalur jalan nasional penghubung Cirebon-Bandung, tepatnya di wilayah Dusun Cireki, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat memang mengalami amblas.

Badan jalan di lokasi tersebut amblas mencapai 50 sentimeter dengan panjang lebih dari 80 meter pada Rabu dini hari tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2017 jalan di lokasi tersebut amblas dan telah diperbaiki oleh Kementerian PUPR.

Akan tetapi, pasca-diperbaiki, jalan kembali amblas dan kerap menimbulkan kemacetan karena jalan tersebut merupakan jalur utama penghubung Cirebon, Majalengka via Sumedang menuju Bandung.

Kondisi ini rupanya dimanfaatkan oknum tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan foto hoaks terkait jalan amblas.

Dalam foto yang beredar secara berantai via WhatsApp tersebut, sejumlah foto menunjukkan jalan amblas dan disebutkan bahwa foto tersebut di wilayah Tomo, Sumedang.

Kepala Seksi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana memastikan bahwa foto yang beredar tersebut adalah hoaks.

"Foto itu (Jalan ambles) beredar luas hari ini, kami pastikan itu foto hoaks, sudah kami cek ke lokasi melalui Polsek setempat," ujar Dedi kepada Kompas.com melalui telepon, Selasa (15/3/2022) petang.

Dedi menuturkan, foto tersebut juga bukan di wilayah Sumedang. "Itu foto lama dan bukan di daerah Sumedang, kami pastikan itu foto hoaks," tutur Dedi.

Dedi mengimbau warga untuk bijak menggunakan media sosial. Tidak sembarangan menyebarkan foto dan informasi yang tidak bisa dipertanggunjawabkan kebenarannya.

Dedi menyebutkan, saat ini, pihak terkait masih melakukan perbaikan di jalur jalan ambles di wilayah Cireki, Tomo, Sumedang ini.

"Jalur masih buka tutup, anggota kami juga standby di lokasi untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas, baik dari arah Majalengka maupun sebaliknya," kata Dedi.

 

Referensi:

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/15/203927178/beredar-foto-jalan-amblas-di-sumedang-polisi-pastikan-itu-hoaks

https://kupang.antaranews.com/berita/1936/jalan-di-kabupaten-timor-tengah-utara-amblas

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim jalan Tomo Sumedang, Jalur Cirebon-Bandung amblas ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan peristiwa jalan amblas di Jalur Cirebon-Bandung.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.