Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Seorang Pria Terperosok ke dalam Sumur Resapan

Beredar video yang diklaim seorang pria terperosok ke dalam sumur resapan. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim sumur resapan memakan korban beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 9 Desember 2021.

Video berdurasi 11 detik itu memperlihatkan seorang pria yang terperosok ke dalam kubangan. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan isu si korban jatuh di dalam sumur resapan.

"Sumur resapan makan korban , kasihan korbannya jatuh di sumur resapan. Kasihan sumurnya tak berpungsi untuk menampung air hujan, untung hpnya selamat ......," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 624 kali ditonton dan mendapat 13 komentar warganet.

Benarkan pria dalam video tersebut terperosok ke dalam sumur resapan? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sumur resapan memakan korban. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat gambar tangkapan layar dari video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Tragis, Video Driver Ojol Tenggelam Akibat Banjir Jakarta, Netizen Malah Ketawa" yang dimuat situs gridmotor.motorplus.com pada 8 Februari 2020.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs gridmotor.motorplus.com.

GridMotor.id - Seperti brother tahu, hari Sabtu (8/2/2020) beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya kembali mengalami banjir. Ini karena hujan deras yang mengguyur sejak pagi hari, membuat beberapa wilayah terendam air.

Mulai dari Jakarta Selatan, Jakarta Barat serta beberapa titik di Tangerang Selatan. Bahkan di wilayah Jakarta Utara, beberapa wilayah sudah terendam air yang cukup tinggi.

Padahal seperti kita tahu, air akibat banjir bisa jadi masalah terutama buat pemotor dan pejalan kaki. Mengingat visibilitas dan handling motor jadi terganggu, karena air menutupi obstacle di jalanan.

Bahkan kalau apes, lubang malah bisa kena terjang karena tertutupi air. Seperti yang dialami seorang driver ojek online, yang harus tenggelam terperosok lubang.

Kejadian ini diabadikan dalam bentuk video, oleh akun Instagram antonii_us. Lalu video ini jadi viral dibagikan oleh banyak akun lain, misalnya Drama Ojek Online Indonesia.

Dalam video ini, terlihat seorang driver ojek online, yang sedang berjalan sembari memegang handphone. Mungkin niatnya driver ojol ini ingin merekam, bagaimana situasi di jalanan Cempaka Putih saat terendam banjir.

Namun apes buat driver ojek online ini, karena dirinya malah terperosok lubang. Bahkan saking dalamnya lubangnya, badan driver ojol ini nyaris tenggelam sampai kepala.

Netizen sendiri ramai mengomentari nasib naas driver ojol ini, bahkan ada yang menertawakannya. Mungkin karena kejadiannya sangat cepat, dan tidak disangka-sangka.

Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan lokasi si pria terperosok di kubangan banjir. Artikel tersebut berjudul "Melihat Lokasi Driver Ojol Terperosok Parit Saat Banjir di Jakpus" yang dimuat situs kumparan.com pada 9 Februari 2020.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kumparan.com.

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan sopir ojek online (ojol) terperosok ke parit atau selokan di kawasan Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, saat banjir melanda, Sabtu (8/2).

Dari penelusuran kumparan, Minggu (9/2), insiden tersebut terjadi di depan gedung PT Gudang Garam. Lokasi jatuhnya bukan lubang, tapi memang selokan lebar.

Saksi mata, Nasruddin, mengatakan driver ojol itu sedang berteduh setelah mengantarkan penumpang di kawasan tersebut. Di tempat berteduh, parit tertutup beton sehingga tak terlihat.

Nah, saat dia berjalan, tampaknya tidak menyadari langkah selanjutnya adalah parit yang tidak tertutup.

Menurut Nasruddin, kawasan tersebut tergenang seperti lautan saat Jakarta diguyur hujan pada Sabtu (8/2), sehingga tidak diketahui ada parit.

“Cuma dia bukan orang sini. Kami aja di atas, kami ke tol, di sini semua kayak laut,” kata Nasruddin di Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (9/2).

Menurutnya, warga sekitar atau yang biasa lewat sudah tahu ada parit besar di lokasi, sehingga si driver tampaknya bukan warga setempat.

"Kalau orangnya asli di sini pasti tahu di sini ada parit. Bukan di sini area mainnya, di sini kayaknya dia cuma neduh,” ujar Nasruddin.

Lebih lanjut, Nasruddin menuturkan, sopir ojol tersebut tidak mengalami luka. Sedangkan handphonenya berhasil diselamatkan.

Seperti diketahui, Jakarta pada Sabtu (8/2) mengalami banjir di sejumlah kawasan. Hal itu disebabkan curah hujan cukup tinggi sejak Jumat (7/2) malam.

 

Referensi:

https://gridmotor.motorplus-online.com/read/292017193/tragis-video-driver-ojol-tenggelam-akibat-banjir-jakarta-netizen-malah-ketawa?page=all

https://kumparan.com/kumparannews/melihat-lokasi-driver-ojol-terperosok-parit-saat-banjir-di-jakpus-1so1Ktkdznf/full

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim seorang pria terperosok ke dalam sumur resapan ternyata tidak benar. Faktanya, pria dalam video itu terperosok ke parit atau selokan di depan gedung PT Gudang Garam, Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Peristiwa itu terjadi saat saat banjir melanda Ibu Kota pada Sabtu 8 Februari 2020.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.