Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Seputar Erupsi Gunung Semeru, dari Aliran Lahar sampai Semburan Vulkanik

Liputan6.com, Jakarta- Erupsi Gunung Semeru menimbulkan kekhawatiran dan keprihatian, namun ada pihak yang menyebar hoaks seputar peristiwa tersebut. Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) pun telah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran informasi palsu.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar erupsi Gunung Semeru, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar erupsi Gunung Semeru:

 

1. Video Aliran Lahar Gunung Semeru

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klim video lahar Gunung Semeru

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video lahar Gunung Semeru. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Desember 2021.

Unggahan klim video lahar Gunung Semeru menampilkan cairan berwarna merah yang sedang tumpah di antara asap putih.

Dalam tayangan video tersebut terdapat tulisan:

"PANTAUAN UDARA 5 DESEMBER 2021

LAHAR GUNUNG SEMERU"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut

"Lahar Semeru..."

Benarkah klim video lahar Gunung Semeru? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Foto Gunung Semeru Erupsi

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Gunung Semeru erupsi

 

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim erupsi Gunung Semeru, foto yang diklaim erupsi Gunung Semeru diunggah akun Facebook Ahmad Yani, pada 1 Desember 2020.

Unggahan yang diklaim Gunung Semeru erupsi tersebut menampilkan foto gunung yang sedang menyemburkan asap hitam dibagian puncak dan lahar yang mengalir di sekitar puncak.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Semeru nduwe gawe"

Benarkah foto erupsi Gunung Semeru? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Video Erupsi Gunung Semeru

Tidak benar ini video erupsi Gunung Semeru. (Facebook)

Tiga akun Facebook mengunggah video yang diklaim sebagai erupsi Gunung Semeru. Gunung yang berada di Jawa Timur ini mengalami erupsi pada Selasa (1/12/2020) dini hari WIB.

Ketiga akun yang mengunggah video dengan klaim erupsi Gunung Semeru adalah Muslim Mus, Ken Zee Cinta, dan Bali Politica. Ketiganya pun memberikan narasi yang sama untuk video unggahan mereka:

"Erupsi Gunung Semeru....."

Jika ditotal dari tiga akun tersebut pada Selasa (1/12/2020), video yang diklaim sebagai erupsi Gunung Semeru sudah disaksikan lebih dari seribu kali.

Lalu, benarkah video itu merupakan Gunung Semeru yang meletus? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.