Sukses

Ahli Bedah Umum Berbagi Panduan untuk Perangi Misinformasi Vaksin Online

Perangkat ini diharapkan dapat mengajari orang Amerika Serikat (AS) yang divaksinasi cara menghilangkan mitos vaksin Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli bedah umum, Vivek Murthy merilis perangkat Covid-19 baru, Selasa (09/11/2021). Perangkat ini diharapkan dapat mengajari orang Amerika Serikat (AS) yang divaksinasi cara menghilangkan mitos vaksin Covid-19 secara online saat dorongan vaksin untuk anak-anak dimulai.

Dikutip dari sea.mashable.com, Murthy menjelaskan perangkat tersebut tersedia bertepatan dengan persetujuan federal baru untuk vaksinasi Covid-19 untuk sebagian besar anak-anak.

"Dengan otorisasi vaksin COVID-19 untuk anak-anak berusia 5 - 11 tahun, penting untuk keluarga memiliki akses ke informasi berbasis sains yang akurat. Misinformasi tentang kesehatan menyebar dengan cepat dan jauh secara online dan di seluruh komunitas kami," ujarnya.

Perangkat digital akan didistribusikan di antara profesional kesehatan, guru, dan administrator sekolah, pemimpin agama, dan anggota masyarakat lainnya, dan menawarkan saran untuk berkomunikasi secara efektif dengan individu yang ragu-ragu terhadap vaksin dan mereka yang berbagi informasi yang salah secara online.

Penjelasan tentang berbagai jenis misinformasi yang dibagikan secara online, bagaimana dan mengapa penyebarannya dan aktivitas refleksif. Saat melihat informasi online, perangkat menyatakan, waspadai strategi umum yang digunakan untuk menyebarkan disinformasi (didefinisikan dalam panduan sebagai informasi yang salah yang sengaja dibagikan untuk tujuan jahat, seperti menipu orang).

Unggahan disinformasi sering menggunakan isyarat visual seperti gambar seseorang yang mengenakan jas putih atau memegang stetoskop, dan logo organisasi mapan, seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS (CDC), untuk berpura-pura agar dianggap kredibel.

Ada juga panduan pemeriksaan fakta yang ringkas ketika Anda menemukan konten terkait kesehatan yang mungkin tidak yakini. Misalnya:

1. Periksa apakah informasi tersebut juga telah diterbitkan oleh CDC atau departemen kesehatan masyarakat setempat.

2. Pergi ke profesional perawatan kesehatan, seperti dokter atau perawat, untuk memverifikasi informasi.

3. Cari menggunakan Google untuk melihat apakah sumber kredibel lainnya telah membuat klaim yang sama.

4. Lihat bagian "Tentang Kami" di situs web untuk melihat apakah sumbernya dapat diandalkan.

5. Jangan bagikan jika Anda tidak yakin tentang klaim yang dibuat.

Perangkat ini menambah upaya Surgeon General untuk memerangi misinformasi terkait vaksin. Juli lalu, Murthy mengeluarkan nasihat publik tentang ancaman informasi kesehatan, dan meminta petugas kesehatan, perusahaan media, entitas pemerintah, dan individu untuk membantu menghentikan ancaman mendesak dari informasi yang salah.

Dan lembaga lain telah menawarkan sumber daya serupa. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat memiliki Frequently Ask Question (FAQ) misinformasi tentang vaksin Covid-19.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Team Halo PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menciptakan Team Halo, jaringan profesional kesehatan di seluruh dunia yang berbagi informasi vaksin Covid-19 yang akurat di media sosial. Awal tahun ini, CDC menerbitkan panduan misinformasi vaksin Covid-nya sendiri, termasuk perangkat media sosial untuk memposting tentang vaksin dan misinformasi vaksin secara online.

"Kabar baiknya adalah kita semua memiliki kekuatan untuk membantu menghentikan penyebaran misinformasi kesehatan selama pandemi ini dan seterusnya," kata Murthy dalam rilisnya. "Di situlah toolkit ini masuk - untuk memberi orang Amerika sumber daya untuk membantu membatasi dan mengurangi ancaman ini terhadap kesehatan masyarakat."

Penulis: Geiska Vatikan Isdy/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://sea.mashable.com/social-good/18187/surgeon-general-shares-guide-to-fighting-online-vaccine-misinformation

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.