Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ramuan Ini Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi ramuan yang bisa membersihkan zat nikotin dan tar di paru-paru perokok. Hal ini dibagikan oleh salah satu akun Facebook pada 22 Oktober 2017 lalu.

Pada unggahan tersebut juga disertakan foto berupa gambar ilustrasi paru-paru kotor dan bersih. Juga disertakan dengan narasi sebagai berikut:

"Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru

Wajib Bagi Para Perokok

Bahan- bahan : bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.

Caranya:

1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.

2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.

3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.

4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkanampasnya.Baru campur madunya

5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.

Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.

Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno.”

Benarkah bawang putih, kunyit, jahe, dan madu dapat membersihkan paru-paru perokok? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com telah menghubungi Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr. Erlang Samoedro, Sp. P untuk mencari kebenaran terkait informasi ini. Dokter Erlang mengatakan bahwa klaim tersebut hanyalah mitos.

"Itu cuma mitos," kata dr Erlang kepada Liputan6.com, Senin (27/9/2021).

Dikutip dari artikel berjudul "Viral! Ramuan Pembersih Paru-paru bagi Perokok, Benar Bisa Nggak Sih?" yang dimuat detik.com, klaim tersebut juga dibantah oleh ahli paru dari RS Persahabatan, Jakarta dr Agus Dwi Susanto, SpP.

Dokter Agus menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada cara yang sudah teruji ilmiah untuk membersihkan paru-paru dari bahan kimia yang berasal dari rokok.

"Nggak ada. Stop rokok! Itu saja," kata dr Agus.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Ramuan herbal yang beredar untuk membersihkan paru-paru perokok adalah salah. Faktanya, hal itu hanya mitos dan belum teruji secara klinis.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.