Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Foto Perbaikan Kabel Internet Bawah Laut IndiHome

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome. Foto tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Foto yang diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome tersebut menampilkan  rangkaian foto seorang penyelam yang membawa benda panjang berwarna hitam dan kuning.

 Pada foto pertama seorang menngenakan alat selam dengan posisi terlungkup di dekat benda berwarna hitam kuning panjang, foto ke dua seorang yang mengenakan alat selam dengan posisi berdiri terlihat seperti sedang melangkah.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Mari sama-sama kita berdoa untuk kelancaran perbaikan kabel fo laut semoga team terus diberikan perlindung oleh Allah SWT"

Kemudian foto tersebut dinarasikan sebagai berikut:

"Foto perbaikan jaringan indihome di laut"

Benarkah klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome? simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome, dengan menggunakan Google Image.

Penelusuran foto pertama.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome

Penelusuran mengarah pada artikel yang berjudul “New undersea cable to speed up internetin Qatar” yang dimuat di situs dohanews.co, pada 17 Juli 2016.Situs dohanews.co memuat foto serupa dengan klaim dan membuktikan bahwa foto tersebuttelah diunggah jauh sebelum jaringan internet IndiHome mengalami masalah pada 19 September 2021 lalu.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome

 

 

 

 

Penelusuran foto ke dua 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome

Penelusuran mengarah pada situs penjualan foto onlien alamy.com, situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Keterangan pada foto tersebut menyebutkan, Perwira Kecil Kelas 3 Bryan Myers, ditugaskan ke Unit Penyelaman dan Penyelaman Bergerak 2, melompat dari batu ke batu di sepanjang dasar laut selama operasi penyelaman di Valparaiso, Chili, pada 29 Juni 2011. Unit Penyelaman dan Penyelaman Bergerak 2 berpartisipasi dalam Penyelam Angkatan Laut -Southern Partnership Station, keterlibatan kemitraan multinasional yang dimaksudkan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kapasitas negara mitra melalui operasi penyelaman.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome 

Sumber:

https://www.alamy.com/petty-officer-3rd-class-bryan-myers-assigned-to-mobile-diving-and-salvage-unit-2-leaps-from-rock-to-rock-along-the-ocean-floor-during-diving-operations-in-valparaiso-chile-on-june-29-2011-mobile-diving-and-salvage-unit-2-is-participating-in-navy-diver-southern-partnership-station-a-multinational-partnership-engagement-intended-to-increase-interoperability-and-partner-nation-capacity-through-diving-operations-image263292616.html

https://www.dohanews.co/new-undersea-cable-speed-internet-qatar/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome tidak benar.

Foto pertama telah beredar sejak 2016, sebelum gangguan pada kabel bawah laut IndiHome terjadi, sedangkan foto ke dua, penyelam dalam foto tersebut adalah Perwira Kecil Kelas 3 Bryan Myers, ditugaskan ke Unit Penyelaman dan Penyelaman Bergerak 2, yang sedang melakukan operasi penyelaman di Valparaiso, Chili, pada 29 Juni 2011.

 

(Amadea Claritta - Universitas Multimedia Nusantara)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.