Sukses

Cek Fakta: Belum Terbukti Resep Hilangkan Lemak dengan Minum Campuran Kopi, Lemon dan Air Panas

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim resep menghilangkan lemak dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim resep menghilangkan lemak dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu.

Klaim resep menghilangkan lemak dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu tersebut berupa video yang diunggah akun TikTok, pada 4 September 2021.

Unggahan tersebut berisi informasi dengan mengonsumsi campuran satu sendok teh kopi, setengah airl emon, dan air panas yang diminum setiap hari selama 3 minggu, akan menghilangkan lemak.

Kemudian diikuti dengan narasi “Will your ex boyfriend regret it?”.

Video ini telah mendapat 9 juta views dan telah dibagikan sekitar 22,4 ribu kali setelah diunggah.

Benarkah resep menghilangkan lemak dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuan Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim resep menghilangkan lemak dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu, dengan menguhubungi Farmalog UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati.

Zullies yang juga menjadi Guru Besar Fakultas Farmasi UGM menyatakan, klaim meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu akan menghilangkan lemak di tubuh belum terbukti secara ilmiah.

“Gabungan itu belum ada bukti ilmiahnya. Dan belum terbukti bisa menurunkan berat badan,” kata Zullies saat berbincang Liputan6.com pada Kamis (9/9/2021).

Zullies juga menyatakan, untuk menghilangkan lemak tubuh tidak semudah dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu. "Kalau itu bisa, saya juga mau," ucapnya.

Menurut Zullies, meski tidak ada dampak negatif atau berbahaya jika mengonsumsi kedua campuran tersebut. Namun, campuran kopi serta lemon ini pun dianggap sebagai campuran tak lazim dan akan menghasilkan rasa yang aneh.

Artikel berjudul "Benarkah Ada Khasiat Khusus Minum Kopi Campur Lemon?" yang dimuat situs hellosehat.com menyebutkan, Banyak orang menyebut minum kopi campur lemon dapat menurunkan berat badan, mengurangi sakit kepala, dan baik untuk kesehatan kulit. Meski ini sudah dirasakan beberapa orang, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar.

Pada dasarnya, minum kopi campur lemon tidak dilarang dan aman untuk dikonsumsi oleh sebagian orang. Namun, bagi sebagian orang lainnya, minum kopi yang dicampur lemon bisa berbahaya dan bisa menyebabkan penyakit asam lambung semakin parah.

Pasalnya, kopi dan lemon sama-sama memiliki sifat asam, dengan kadar PH asam pada lemon yang lebih tinggi. Bila keduanya dicampur, akan menghasilkan minuman dengan kadar PH di antara keduanya. Dengan demikian, minuman kopi dan lemon tetap akan bersifat asam ketika dicampurkan.

Adapun minuman yang bersifat asam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pada beberapa kasus, minum kopi campur lemon justru dapat menyebabkan diare semakin parah.

Dengan demikian, bila selama ini Anda mengalami masalah dengan asam lambung ketika mengonsumsi kopi atau lemon, sebaiknya Anda menghindari minum kopi yang dicampur lemon.

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/kopi-campur-lemon/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim resep menghilangkan lemak dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu belum terbukti secara ilmiah.

Untuk menghilangkan lemak dalam tubuh tidak cukup dengan meminum campuran kopi, lemon dan air panas setiap hari selama 3 minggu.

(MG/ Amadea Clarita)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.