Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini SBY Pesan ke AHY Agar Merawat Wisma Hambalang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpesan ke putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) agar merawat dan mejaga proyek mangkrak Wisma Atlet Hambalang. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Ata Waning pada 2 Februari 2021.

Dalam foto tersebut, terlihat SBY yang mengenakan jas biru Partai Demokrat tengah memegang pundak AHY. Latar belakang dari foto tersebut bangunan dari Wisma Hambalang. Terdapat narasi dalam foto terssebut.

"Ini karya bapak, tolong dirawat dan dijaga ya nak".

"INI BARU SATU NAK !!! MASIH ADA LAGI 30 PROYEK RAKSASA LAIN YANG SEMUANYA MANGKRAK . LANJUTKAN PRESTASI

BAPAK, NANTI TUHAN MARAH KALAU TELADAN BAPAKTIDAK ANAK LANJUTKAN !!!" tulis akun Facebook Ata Waning.

Konten yang disebarkan akun FacebooK Ata Waning telah 20 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut SBY berpesan ke AHY agar merawat dan mejaga proyek mangkrak Wisma Atlet Hambalang? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim SBY berpesan ke AHY agar merawat dan mejaga proyek mangkrak Wisma Atlet Hambalang. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto SBY yang tengah memegang pundak AHY. Satu di antaranya artikel berjudul "AHY Tunjuk SBY Jadi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat" yang dimuat situs Liputan6.com pada 15 Maret 2020.

Namun dalam foto tersebut tidak terdapat latar belakang Wisma Atlet Hambalang. Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

"Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri Kongres V Partai Demokrat di JCC, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum masa bakti 2020-2025 Partai Demokrat," demikian keterangan dalam foto tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim SBY berpesan ke AHY agar merawat dan mejaga proyek mangkrak Wisma Atlet Hambalang ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang disebarkan akun Facebook Ata Waning telah dimanupulasi dan ditambahkan narasi palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.