Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Naik Mobil Dinas Mewah Seharga Rp 12 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil dinas mewah seharga Rp 12 miliar beredar di media sosial. Foto tersebut salah satunya disebarkan akun Facebook Zamzam Nurzaman pada 29 Juli 2021.

Dalam foto tersebut, terlihat seseorang mirip Jokowi tengah duduk di dalam mobil. Interior mobil tersebut tampak mewah, terdapat televisi dan kursi dengan sandaran kaki.

Terdapat narasi yang berisi Jokowi baru saja membeli kendaraan dinas mewah dengan harga Rp 12 miliar. Berikut isinya:

Inilah Presiden Ir Joko widodo yg sebenarnya..!

Rakyat yg selama ini menganggap beliau seorang pemimpin yg merakyat tapi saat ini beliau membeli kendaraan dinas Mercy Pullman guard C 600 dengan harga yg fantastis Rp 12 Milyard..>> bagaimana tanggapan kalian..??

Foto yang disebarkan akun Facebook Zamzam Nurzaman telah 6 kali direspons dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Jokowi tengah naik mobil dinas mewah seharga Rp 12 miliar? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil dinas mewah. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat foto serupa yang dimuat di beberapa artikel. Satu di antaranya artikel berjudul "2016 Mercedes-Maybach S600 First Drive" yang dimuat situs motortrend.com pada 18 Januari 2015 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs motortrend.com.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "harga mobil dinas baru presiden" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan harga mobil dinas baru Presiden RI.

Satu di antaranya artikel berjudul "Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi Mercy S600 Guard?" yang dimuat situs kompas.com pada 26 Agustus 2019. Dalam artikel tersebut tidak disebutkan bahwa harga satu unit mobil baru Presiden RI Rp 12 miliar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) siap diganti. Masih menggunakan merek yang sama, Jokowi akan kembali menunggangi seri terbaru dari Mercedes-Benz S600 Guard yang didatangkan langsung dari Jerman.

Selain mewah, salah satu kelebihan yang dimiliki dari S600 Guard yang akan menemani kerja Jokowi adalah dari sisi keamanannya.

Seperti diketahui, mobil Jokowi diklaim dirancang khusus pada sektor keamanan yang membuatnya anti peluru dan ledakan.

Lantas, kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk memesan sedan mewah yang jadi mobil dinas orang nomor satu di Indonesia tersebut ?

Ketika menanyakan hal ini, Deputy Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto, menjelaskan soal harga pihaknya tidak bisa memberikan informasi karena terkait masalah kebijakan dari prinsipal.

"Untuk harga kita tidak bisa sebutkan, ini ranahnya prinsipal serta hubungan kenegaraan. Tapi memang yang jelas dengan spesifikasi khusus maka biayanya tidak bisa disamakan dengan yang (S600) reguler," ujar Hari kepada Kompas.com, Minggu (26/8/2019).

Menurut Hari, setiap konsumen yang membeli produk Mercy memang mendapat perlakuan khusus berupa keharahasian informasi yang dilakukan oleh pihak Daimler.

Hal ini konteksnya karena kebijakan soal perlindungan konsumen di Jerman memang sangat ketat.

Namun demikian, sebelum membeli mobil, tiap konsumen terlebih yang memesan secara khusus akan dipastikan lebih dulu latar belakangnya oleh prinsipal.

Artinya tidak semua orang bisa membeli produk Mercy, apalagi yang ditambah dengan permintaan khusus seperti mobil Jokowi.

"Sifatnya memang rahasia perusahaan, kami saja di Indonesia secara perang hanya menjadi seperti broker. Tapi ini bukan karena mobil Pak Jokowi lalu kami tak bisa rilis harganya, memang tiap konsumen Mercy itu dilindungi oleh hukum Daimler dan Daimler tidak jual mobil kesembaran orang," kata Hari.

Mercedes-Benz memang terkenal sebagai salah satu produsen otomotif yang menawarkan kendaraan dengan keamanan kelas wahid.

Sebelumnya, Jokowi menggunakan Mercy S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas. Hanya saja, mobil itu adalah lungsuran dari Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Dikabarkan, mobil dinas Jokowi itu sudah sering mengalami kerusakan.

 

Referensi:

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/26/101732215/berapa-harga-mobil-dinas-jokowi-mercy-s600-guard

https://www.motortrend.com/reviews/2016-mercedes-maybach-s600-first-drive/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil dinas mewah seharga Rp 12 miliar ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil manipulasi atau editan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.