Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar China Berikan Bantuan Rp 213 Triliun pada Palestina

Beredar di media sosial postingan terkait bantuan Cina pada Palestina sebesar Rp 213 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait bantuan Cina pada Palestina sebesar Rp 213 triliun. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan kemarin.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah bernama Abdullah Ade Reborn. Ia mengunggahnya di Facebook pada 18 Mei 2021.

Dalam unggahannya terdapat potongan cuplikan layar berita berjudul "Cina Donasikan Rp213 Triliun untuk Bantu Palestina"

Selain itu ia menambahkan narasi:

"Drun... Kadrun, sudah seharusnya antum semua berubah mindset tentang China Komunis. Segeralah antum bertaubat... Hijrah mendukung China! #Gimana_Drun?"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Cina memberikan bantuan Rp 213 triliun pada Palestina?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan kata kunci "cina donasikan palestina gatra" pada mesin pencarian Google. Hasilnya ada artikel dari Gatra berjudul "Cina Donasikan Rp210 Miliar untuk Bantu Palestina."

Cek Fakta China beri bantuan pada Palestina

Artikel ini tayang di Gatra pada 31 Agustus 2019. Berikut isi artikelnya:

"Ramallah, Gatra.com - Cina berencana memberikan dana bantuan sebesar US$15 juta atau sekitar Rp210 miliar kepada Palestina yang dapat digunakan untuk menggarap belasan proyek di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Duta Besar Cina untuk Palestina, Guo Wei, dan Sekretaris Jenderal Dewan Menteri Palestina, Amjad Ghanem, pada Kamis (29/8), menandatangani kesepakatan antarkedua negara.

Menurut Kantor Berita Palestina, WAFA, Jumat (30/8), dana triliunan itu akan digunakan untuk mendirikan infrastruktur, pengembangan pemuda dan kewirausahaan, pengembangan perempuan, dan energi. Namun yang paling baik dari donasi itu, adalah sumbangan US$500 ribu atau Rp7 miliar untuk membeli tas sekolah bagi anak-anak Palestina.

"Kami menamakannya Proyek Tas Sekolah," kata Ghanem. Menurutnya, sekitar 15.000 hingga 20.000 tas sekolah baru yang dibeli dengan sumbangan Cina akan ditawarkan pekan depan kepada anak-anak sekolah di Palestina dan di daerah-daerah terpencil yang miskin di Tepi Barat dan Jalur Gaza mulai tahun ajaran baru.

Ghanem menyatakan, pemerintah Palestina sangat mengapresiasi bantuan dan dukungan Cina. Hibah ini datang sebagai tahap pertama dari sejumlah proyek yang didanai oleh Cina."

Dalam artikel tersebut jelas disebutkan bahwa bantuan Cina pada Palestina adalah sebesar 15 juta dolar AS atau Rp. 210 miliar bukan Rp. 213 triliun.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut China memberikan bantuan Rp 213 triliun adalah tidak benar. Potongan cuplikan layar berita itu telah disunting atau diedit. Faktanya China memberikan bantuan sebesar Rp 210 Miliar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.