Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ada Asrama untuk Tentara Merah China di Cikalong Wetan

Beredar foto yang diklaim bangunan asrama untuk tentara merah China, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim bangunan asrama untuk tentara merah China di Cikalong Wetan, Bandung Barat beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Ahmad Serif pada 11 Mei 2021.

Dalam foto tersebut, terdapat sebuah bangunan berdiri di atas perbukitan. Bangunan itu sekilas berwarna putih dan biru. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan bangunan asrama tentara merah TKA China.

"Mohon dichek informasinya, katanya sedang dibangun Asrama yg katanya untuk Tentara Merah TKA China, lokasinya di Cikalong Wetan, Bandung Barat. Mohon bantuannya untuk validasi informasi ini, haturnuhun... 🙏🙏. Ingat tgl 23 Mei adalah Hari Jadi Komunis. Utk WARGA JABAR TOLONG DIPANTAU BENAR APA TIDAKNYA, KALO BENAR GERUDUK DAN SEGERA USIR MEREKA KELUAR DARI BUMI INDONESIA. BISA JADI KITA PERANG LAWAN CHINA...!" tulis akun Facebook Ahmad Serif.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ahmad Serif telah 5 kali dibagikan dan mendapat 8 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut bangunan asrama untuk tentara merah China? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim bangunan asrama untuk tentara merah China. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "asrama tentara merah china" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "[DISINFORMASI] Sedang Dibangun Asrama Tentara Merah China di Cikalong Wetan Jabar" yang dimuat situs kominfo.go.id pada 22 Mei 2021.

Beredar sebuah foto yang diklaim sebagai bangunan untuk asrama Tentara Merah China yang berlokasi di Cikalong Wetan Bandung Barat.

Faktanya, foto yang diklaim sebagai bangunan untuk asrama Tentara Merah China yang berloaksi di Cikalong Wetan Bandung Barat adalah keliru. Dilansir dari Jabar Saber Hoaks, berdasarkan informasi dari para pihak otoritas setempat, bangunan dalam foto itu merupakan mess khusus bagi pekerja asal China pada pengerjaan terowongan (tunnel) 64 pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dikerjakan oleh PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Mess karyawan pekerja China yang terletak di Kp Ciganda Desa Rende, Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu telah dibongkar pada bulan Maret 2021 lalu. Berdasarkan pantauan pihak terkait pada Minggu 6 Mei 2021, situasi di lokasi sudah tidak ada lagi bangunan mess karyawan tersebut.

Referensi:

https://kominfo.go.id/content/detail/34660/disinformasi-sedang-dibangun-asrama-tentara-merah-china-di-cikalong-wetan-jabar/0/laporan_isu_hoaks

https://saberhoaks.jabarprov.go.id/v2/klarifikasi/detail/ADN012668/SEDANG-DIBANGUN-ASRAMA-TENTARA-MERAH-TKA-CHINA-DI-CIKALONG-WETAN-BANDUNG-BARAT--

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim bangunan asrama untuk tentara merah China ternyata tidak benar. Faktanya, bangunan tersebut mess khusus bagi pekerja asal China pada pengerjaan terowongan (tunnel) 64 pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Bangunan yang terletak di Kp Ciganda Desa Rende, Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat (KBB) juga telah dibongkar.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.