Sukses

Kumpulan Foto Hoaks, dari Konflik Israel dengan Palestina sampai Jalur Mudik

Berikut foto hoaks yang beredar di media sosial, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Foto merupakan salah satu media yang kerap dijadikan bahan hoaks untuk disebarkan lewat media sosial, keberadaan foto hoaks bisa menyesatakan penerima pesan yang mempercayainya, sebab biasanya foto tersebut telah diubah dan diberi keterangan tidak sesuai fakta untuk menggiring persepsi.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah foto yang beredar di media sosial, hasilnya sejumlah informasi dari gambar tersebut tidak benar alias hoaks.

Berikut foto hoaks yang beredar di media sosial, hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

 

1. Foto Gedung Tertinggi di Israel Hancur Diserang Hamas

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Gedung Tertinggi di Israel Hancur Diserang Hamas (sumber: Facebook)

 Sebuah foto yang diklaim gedung tertinggi di Israel hancur diserang Hamas beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Vir Listan pada 21 Mei 2021.

Dalam foto tersebut tampak ledakan di sebuah gedung pencakar langit. Akun Facebook Vir Listan kemudian mengaitkan foto tersebut dengan hancurnya gedung tertinggi di Israel setelah diserang Hamas.

"Gedung tertinggi di Israel hancur di serang hamas🇵🇸🇵🇸," tulis akun Facebook Vir Listan.

Konten yang disebarkan akun Facebook Vir Listan telah 177 kali dibagikan dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut gedung tertinggi di Israel hancur diserang Hamas? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim gedung tertinggi di Israel hancur diserang Hamas ternyata tidak benar alias hoaks. Foto yang disebarkan akun Facebook Vir Listan diduga hasil rekayasa digital atau editan.

 

2. Deretan Foto Demo Besar-besaran Solidaritas Mendukung Palestina pada Mei 2021

 

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Demonstrasi Dukung Palestina (sumber: Facebook) 

Sejumlah foto yang diklaim demonstrasi besar-besaran solidaritas mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Nafeel Zaki pada 18 Mei 2021.

Dalam foto tersebut, tampak kawasan air mancur patung kuda dipenuhi massa aksi. Mereka mengenakan pakaian serba putih.

Foto selanjutnya massa aksi mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia. Mereka terlihat menaiki sebuah mobil bak terbuka. Pada foto lainnya, demonstran juga terlihat menyandingkan bendera Palestina dan Indonesia.

Akun Facebook Nafeel Zaki kemudian mengaitkan sejumlah foto tersebut dengan demonstrasi besar-besar mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021.

"Tens of thousands - a massive demonstration in #Indonesia 🇮🇩 to express solidarity with the #Palestinians in #SheikhJarrah and #Gaza Strip.

#GazaUnderAttack," tulis akun Facebook Nafeel Zaki.

Konten yang disebarkan akun Facebook Nafeel Zaki telah 1 kali dibagikan dan mendapat 18 respons dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan demonstrasi besar-besaran mendukung Palestina pada Mei 2021? Berikut penelusurannya.

Sejumlah foto yang diklaim demonstrasi besar-besaran solidaritas mendukung Palestina di Indonesia pada Mei 2021 ternyata tidak benar.

Faktanya, sebagian dari foto tersebut memang merupakan aksi dukungan terhadap Palestina namun bukan dilakukan pada Mei 2021.

 

3.  Kemacetan Jalan Tikus saat Mudik di Indonesia

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto mobil terjebak kemacetan di jalan tikus saat mudik. Klaim tersebut beredar dijejaring sosial WhatsApp.

Klaim foto mobil terjebak kemacetan di jalan tikus saat mudik, menampilkan foto sejumlah mobil yang sedang berhenti pada tiga sisi jalan yang terletak di tengah sawah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Nekat mudik sih, lewat jalan tikus lagi. Nah kalau begini bagaimana ? Selamat menikmati keindahan persawahan, nah bagaimana dengan toiletnya kalau mules ?Kami doakan kiranya diberikan ketabahan. Amin.😂😂😂"

Benarkah klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik tidak benar.

Foto tersebut diambil di Swedia saat musim panas 2019. Sebelum adanya larangan mudik.

 

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com  untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.