Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pesawat Tempur Rusia dan Turki Muncul di Perbatasan Palestina dalam Video Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Rakyat Berdaulat, pada 14 Mei 2021.

Klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina tersebut menampilkan, pesawat tempur dari proses tinggal landas hingga manuver di udara.

Kemudian video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"BERITA TERKINI ~ SELURUH DUNIA GEMPAR ! TIBA2 PESAWAT TURKI DAN RUSSIA MUNCUL DIPERBATASAN PALESTINA"

Benarkah klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

     

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina, dengan menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Удар сквозь метель: кадры учений новейших Су-35С под Тверью" yang dimuat situs tvzvezda.ru, pada 2 Juli 2020, artikel tersebut memuat video yang identik dengan klaim.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina

Artikel situs  tvzvezda.ru menyebutkan, video tersebut merupakan Latihan pertama Su-35S terbaru yang diadakan pada tahun 2020, menggunakan pesawat  resimen generasi 4 ++.

Pelatihan berlangsung dalam kondisi cuaca yang sulit - pilot harus peswat mereka ke udara selama badai salju bulan Februari yang dasyat. Meski demikian, militer telah berhasil menunjukkan kemampuan pesawat tempur dengan bermanuver.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Russian Western Military District Completed Its Rearmament with Su-35S Fighter Jets" yang dimuat situs militaryleak.com yang dimuat pada 29 Januari 2021.

Artikel situs militaryleak.com memuat video yang identik dengan klaim.

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat Turki dan Rusia muncul di perbatasan Palestina

Artikel situs militaryleak.com menyebutkan, video tersebut menampilkan resimen udara Distrik Militer Barat Rusia yang ditempatkan di Karelia di barat laut Rusia telah menyelesaikan persenjataannya kembali dengan jet tempur generasi 4 ++ Su-35S di bawah rencana pengadaan pertahanan. Jet tempur Su-35 yang baru akan menggantikan kumpulan pesawat resimen udara yang sudah ketinggalan zaman.

Pilot dan teknisi militer menerima pesawat baru di lokasi pabrik manufaktur di Wilayah Khabarovsk di Timur Jauh Rusia. Pilot menjalani pelatihan ulang di Lipetsk di mana mereka menggunakan simulator khusus untuk belajar melakukan manuver aerobatik dengan kecepatan dan beban penuh.Batch pertama jet Su-35S distrik militer barat, yang diterima pada musim gugur 2019.

Sumber:

https://tvzvezda.ru/news/20202796-DOlss.html

 https://militaryleak.com/2021/01/29/russian-western-military-district-completed-its-rearmament-with-su-35s-fighter-jets/

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.