Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Turki Siap Serang Israel

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Turki siap serang Israel

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Turki siap serang Israel. Klaim tersebut diunggah akun Facebook CHL, pada 15 Mei 2021.

Unggahan tersebut berupa parade kendaraan militer dan sejumlah orang mengenakan baju loreng coklat yang sedang berbaris membawa senapan laras panjang.

Klaim video Turki siap serang Israel tersebut diberi keterangan:

"Turky siap serang israel"

klaim video Turki siap serang Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Turki siap serang Israel dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Turki siap serang Israel

 

Penelusuran mengarah pada situs v.findmovies.me yang memuat unggahan video berjudul "26 Ülkenin katıldığı İSLAM ORDUSU --ULKE TV HD" oleh akun Youtube FeRhat MEDYA, pada 3 April 2016.

Video yang diunggah identik dengan klaim video Turki siap serang Israel.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Turki siap serang Israel

Judul video tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan penelusuran berikutnya, dengan kata kunci '26 Ülkenin katıldığı İSLAM ORDUSU'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "İslam Ordusu'nun Görüntüleri" yang dimuat situs izlesene.com, pada 11 Maret 2016.

Artikel situs izlesene.com memuat video yang identik dengan klaim.

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Turki siap serang Israel

Artikel situs izlesene.com menyebutkan, Tentara Islam, menyelesaikan latihan militer selama 3 minggu di Arab Saudi, ditampilkan untuk pertama kalinya.

200.000 tentara berpartisipasi dalam latihan yang dilakukan di Arab Saudi.

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul ""İslam Ordusu" 200 bin askerle tatbikata başladı" yang dimuat situs cnnturk.com, pada 29 Februari 2016.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Turki siap serang Israel

Artikel situs cnnturk.com menyebutkan, tentara dari 20 negara, termasuk Turki, ambil bagian dalam latihan "Petir dari Utara" yang diadakan di Arab Saudi.

Dalam latihan terbesar yang diadakan di Timur Tengah dari segi jumlah tentara yang berpartisipasi dan luas area latihan, pasukan "Tentara Islam" akan melakukan manuver dari operasi tradisional hingga intensitas rendah. Latihan diikuti hampir 200 ribu tentara dari 20 negara, serta 100 pesawat tempur dan ratusan kendaraan tempur darat.

 

Sumber:

https://v.findmovies.me/video/QwwwBSLxBt8/

https://www.izlesene.com/video/islam-ordusunun-goruntuleri/9223259

https://www.cnnturk.com/video/dunya/islam-ordusu-200-bin-askerle-tatbikata-basladi

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Turki siap serang Israel  tidak benar.

Video tersebut merupakan latihan militer 200 ribu pasukan Tentara Islam yang diadakan di Timur Tengah di ikuti lebih dari 20  negara.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.