Sukses

Cek Fakta: Waspada Selebaran Permintaan Dana Catut Nama KPK

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat waspada dengan oknum yang meminta sumbangan dengan mencatut nama lembaga tersebut. KPK menegaskan pihaknya tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun.

Dalam selebaran yang beredar sumbangan itu mencatut nama KPK dan pejabat KPK. Mereka meminta sumbangan dengan berkedok Wakaf Lailatul Qadar dan dikirimkan melalui rekening sebuah bank.

"KPK menerima informasi tentang adanya pihak yang mengatasnamakan KPK dan pejabat KPK meminta sumbangan dengan berkedok wakaf lailatul qadar melalui rekening sebuah bank," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (9/5/2021).

"KPK memastikan bahwa secara kelembagaan maupun individu pimpinan, Dewan Pengawas dan pegawai KPK tidak pernah meminta sumbangan maupun bekerja sama dengan pihak-pihak lain dalam rangka penggalangan dana untuk keperluan apa pun juga," ucap Ali.

Ali juga berharap masyarakat tak ragu untuk melapor jika ada dugaan penipuan yang mengatasnamakan KPK. Ia menyebut laporan bisa disampaikan melalui call center 198 atau e-mail informasi@kpk.go.id.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan melakukan verifikasi berulang kepada pihak-pihak yang mengaku sebagai Komisi Pemberantasan Korupsi, atau pimpinan, Dewan Pengawas, dan pegawai," kata Ali.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: