Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Munarman Menggigit Sandal Saat Ditangkap Densus 88

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menggigit sandal saat ditangkap Densus 88 Polri beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Boy Aje pada 29 April 2021 lalu.

Dalam foto tersebut, tampak Munarman menggigit sandal jepit. Munarman terlihat diapit oleh dua polisi berseragam hitam.

"Beredar kabar Munarman tertangkap densus88 dengan menggigit sendal jepit jdi berita utama,Munarman terindikasi keterlibatan dengan teroris

Di media sosial trending topik tagar bebaskan Munarman masukkan ke kandang macan pun ramai di bicarakan warga net

#Bebaskan Munarman

#masukan ke kandang macan," tulis akun Facebook Boy Aje.

Konten yang disebarkan akun Facebook Boy Aje telah 15 kali direspons dan mendapat 36 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Munarman menggigit sandal jepit saat ditangkap Densus 88 Polri? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menggigit sandal saat ditangkap Densus 88 Polri.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto identik. Namun dalam foto tersebut, Munarman tidak menggigit sandal.

Satu di antaranya artikel berjudul "50 Pengacara Siap Dampingi Munarman Hadapi Proses Hukum" yang dimuat cnnindonesia.com pada 29 April 2021.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs cnnindonesia.com

Selain itu, Liputan6.com juga menemukan gambar serupa dari potongan video berjudul "Momen Munarman Berdebat dengan Polisi saat Ditangkap: ini Tidak Sesuai Hukum.." yang ditayangkan channel YouTube KOMPASTV pada 28 April 2021.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube KOMPASTV

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210429093654-12-636277/50-pengacara-siap-dampingi-munarman-hadapi-proses-hukum

https://www.youtube.com/watch?v=G138AE5lt0k

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menggigit sandal ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Boy Aje telah disunting atau diedit.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: