Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Poster Sinetron Gali Lobang Tutup Lobang Bergambar Wajah Jokowi dan Sri Mulyani

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim poster sinetron berjudul Gali Lobang Tutup Lobang bergambar wajah Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani beredar di media sosial.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Muhammad Maulana pada 18 April 2021. Dalam poster tersebut, terdapat wajah Jokowi dan Sri Mulyani. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"Gali Lobang Tutup Lobang Pinjam Uang Bayar Hutang"

"Sinetron keren nih ūüėā," tulis akun Facebook Muhammad Maulana.

Konten yang disebarkan akun Facebook Muhammad Maulana telah 9 kali direspons dan mendapat 78 komentar warganet.

Benarkah terdapat foto wajah Jokowi dan Sri Mulyani dalam gambar poster sinetron Gali Lobang Tutup Lobang? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim poster sinetron berjudul Gali Lobang Tutup Lobang bergambar wajah Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "sinetron gali lobang tutup lobang" di kolom pencarian Google Search. Kemudian pilih gambar.

Hasilnya terdapat gambar identik dengan yang diunggah oleh akun Facebook Muhammad Maulana. Satu di antaranya gambar dalam artikel berjudul "Kehadiran Sinetron Baru Gali Lobang Tutup Lobang di SCTV Dapat Sambutan Antusias Penonton" yang dimuat situs layar.id pada 18 Juli 2017. Namun dalam foto tersebut, tidak ada wajah Jokowi dan Sri Mulyani.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs layar.id

Dilansir dari situs yang sama, sinetron Gali Lobang Tutup Lobang dibintangi oleh artis pasangan suami istri, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono. Sinetron tersebut ditayangkan di SCTV pada 13 Juli 2017 lalu.

Referensi:

https://www.layar.id/sinetron/kehadiran-sinetron-baru-gali-lobang-tutup-lobang-di-sctv-dapat-sambutan-antusias-penonton/

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim poster sinetron berjudul Gali Lobang Tutup Lobang bergambar wajah Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Faktanya, foto yang disebarkan akun Facebook Muhammad Maulana telah dimanupulasi dengan menambahkan wajah Jokowi dan Sri Mulyani.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: