Sukses

Khofifah Sebut Pers Berperan Penting Melawan Penyebaran Hoaks Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap industri pers berjalan sehat dan terlindungi meski masa pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini.

Menurutnya, industri pers berperan penting guna dalam menangkal hoaks yang beredar di tengah masyarakat, khususnya terkait Covid-19.

"Ini agar masyarakat dapat terus menerima kualitas informasi yang baik, dan tidak menerima berita hoaks," kata Khofifah, dilansir Antara, Sabtu (10/4/2021).

Khofifah menambahkan, pemerintah membutuhkan kehadiran pers dengan perspektif jernihnya untuk berdiri di depan melawan kekacauan informasi, penyebaran hoaks, dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi.

"Bahkan, bila dihadapkan dengan situasi pandemi seperti sekarang, peranan pers sangat dibutuhkan dan kian relevan. Pers menjadi garda terdepan untuk mencerahkan, meluruskan informasi dan meredakan kepanikan yang melanda masyarakat," ucap Khofifah.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menyampaikan, tak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT Ke-75 PWI dilaksanakan dengan banyak keterbatasan sebab digelar pada saat pandemi Covid-19.

Cak Air, sapaan akrabnya, berterima kasih dan mengapresiasi kepada banyak pihak yang telah mendukung kegiatan PWI Jatim dalam rangka peringatan HPN 2021 di masa pandemi Covid-19.

"Secara khusus, terima kasih kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa karena selama HPN mendukung tidak sedikit program dan kegiatan, termasuk vaksinasi Covid-19 kepada ratusan wartawan dan pekerja media," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: