Sukses

Tak Hanya di Indonesia, Hoaks Seputar Covid-19 Meningkat Tajam di Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Masalah hoaks dan berita palsu soal covid-19 ternyata tak hanya di Indonesia saja. Bahkan di Thailand laporan terkait hoaks covid-19 meningkat dua kali lipat ketimbang tahun lalu.

Awal pekan ini Kementerian Ekonomi dan Masyarakat Digital mengungkapkan ada 35,47 juta aduan terkait hoaks covid-19 pada periode 19 Desember 2020 hingga 28 Februari 2021. Padahal pada awal pandemi yakni Januari 2020 hingga September 2020 aduan terkait hoaks covid-19 hanya mencapai 18,81 juta.

Dalam dua bulan terakhir, Satgas Anti-Hoaks Pemerintah Thailand telah membuat 140 klarifikasi. Dari jumlah itu ada 70 persennya merupakan hoaks atau berita palsu, 20 persen merupakan distorsi kebenaran dan hanya 10 persen yang merupakan berita sesungguhnya.

"Jumlah laporan berita palsu dalam dua bulan terakhir telah meningkat dua kali lipat dari jumlah yang terlihat tahun lalu. Berita tentang gelombang kedua covid-19 sudah pasti menjadi sorotan publik, terutama di media sosial," ujar sekretaris tetap Kementerian Ekonomi dan Masyarakat Digital Thailand Atcharin Pattanapanchai dilansir Bangkok Post.

Sejak covid-19 pertama kali muncul, Satgas Anti-Hoaks Thailand telah meluncurkan total 1.346 penyelidikan atas dugaan berita palsu tentang virus tersebut.

Mayoritas hoaks bertemakan covid-19 yakni berjumlah 719 hoaks atau 53 persen. Lalu ada juga hoaks dengan tema kebijakan Pemerintah berjumlah 615 buah atau 46 persen, serta hoaks bertema ekonomi berjumlah 12 buah atau hanya satu persen.

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini