Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Seputar Nissa Sabyan

Berikut kumpulan hoaks seputar Nissa Sabyan

Liputan6.com, Jakarta- Siapa saja bisa menjadi objek sasaran berita palsu alias hoaks, salah satu yang namanya pernah dicatut informasi hoaks adalah vokalis dari grup band Sabyan Gambus Nissa Sabyan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi tentang  Nissa Sabyan, hasilnya informasi tersebut hoaks.

 Berikut kumpulan hoaks seputar Nissa Sabyan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Nissa Sabyan Meninggal Dunia

 Kabar tentang vokalis dari grup band Sabyan Gambus, Nissa Sabyan meninggal dunia viral di media sosial.

Kabar ini beredar lewat sebuah video yang diunggah ke situs berbagi video, YouTube. Video yang berisi kabar meninggalnya Nissa Sabyan diunggah akun YouTube Movie Bank pada 2 Juli 2019 lalu.

Video berdurasi 1 menit 43 detik itu menampilkan prosesi pemakaman. Video tersebut dikaitkan dengan kabar meninggalnya Nissa Sabyan. Akun YouTube Movie Bank juga menambahkan sebuah narasi dalam video yang diunggahnya.

"Nissa sabyan meninggal dunia. prestasimu akan selalu kami kenang," tulis akun YouTube Movie Bank.

Video yang diunggah akun YouTube Movie Bank telah 100 ribu lebih ditonton dan mendapat 139 komentar warganet.

Benarkah informasi Nissa Sabyan meninggal? Simak penelusunannya di sini.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Nissa Sabyan yang dikabarkan meninggal dunia, ternyata tidak benar. Video yang diunggah oleh akun YouTube Movie Bank merupakan hasil editing.

Sementara narasi yang ditambahkan dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Bahkan terkesan menyesatkan.

 

2. Nissa Sabyan Bikin Nangis 3 Juri Pencarian Bakat di Amerika

Hoaks Nissa Sabyan bikin nangis 3 juri X Factor. (Facebook)

Sebuah video sedang viral yang memperlihatkan Nissa Sabyan membuat nangis tiga juri ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, X Factor. Video itu berdurasi empat menit.

Dalam video, terlihat Nissa Sabyan melantunkan lagu berjudul: "Deen Assalam". Video itu juga memperlihatkan tiga juri, Cheryl, Simon Cowel, dan Nick Grimshaw menangis setelah mendengar suara merdu penyanyi berhijab ini.

Melalui CrowdTangle, Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun yang menyebut Nissa Sabyan membuat nangis tiga juri X Factor. Tiga akun itu adalah Berita Islam Masa Kini, Arivin Ganza, dan Redirohmad Slm Ridwan Dmc.

Begini narasi yang mereka buat, hampir serupa:

"Nissa sabyan yg membuat juri X FACTOR menangis".

Lalu, benarkah video tersebut asli?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Nissa Sabyan membuat tiga juri X Factor menangis adalah hoaks. Faktanya, video yang viral di Facebook itu sudah dimanipulasi dengan menggabungkan dua video berbeda.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.