Sukses

Cek Fakta: Netizen Unggah Foto Wanita Pegang Pedang Menantang Tank Militer Myanmar, Simak Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan menarik di Twitter. Foto itu menggambarkan seorang wanita sedang memegang pedang yang diklaim menghentikan tank milik militer Myanmar.

Dalam kicauan berbahasa Mandarin tersebut, wanita itu disebut berani karena menghentikan tank yang sedang melakukan keduta di Myanmar. Begini narasinya:

"Seorang wanita memegang pedang dan berdiri di depan kendaran lapis baja Myanmar."

Foto itu muncul setelah para pengunjuk rasa turun ke jalan di Myanmar sejak kudeta militer pada 1 Februari 2021. Kudeta ini menahan pemimpin sipil, Aung San Suu Kyi.

Lalu, benarkah itu foto wanita memegang pedang menghentikan tank militer di Myanmar? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke media Myanmar, DVB TV News dalam artikel pada 14 Februari 2021.

Foto unggahan netizen juga diunggah oleh DVB TV News dalam salah satu artikelnya. Foto itu diberi judul oleh media Myanmar sebagai berikut:

"Kendaraan lapis baja berpatroli di Yangon"

Kemudian, ada ketengan foto untuk menggambarkan foto tank tersebut, yakni:

"Kendaraan lapis baja Tatmadaw (angkatan bersenjata Myanmar) telah berpatroli di Yangon di mana protes terhadap kudeta militer meningkat sejak tanggal 14 Februari (2021). Kendaraan lapis baja dan kendaraan polisi terlihat berbaris dan berpatroli malam ini."

Foto itu merupakan karya dari Htet Wai Aung / MPA (Myanmar Pressphoto Agency) / Min Naing / Nyi Nge.

Namun, dalam foto yang diunggah oleh media Myanmar tersebut, tidak ada sosok wanita berdiri memegang pedang seperti unggahan netizen di Twitter.

Lihat perbandingan foto di bawah ini: 

Klaim netizen (kiri) dan foto asli (kanan)

Referensi Artikel:

https://factcheck.afp.com/image-has-been-doctored-add-woman-photo-tank-patrolling-yangon

http://burmese.dvb.no/archives/443617

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto wanita memegang pedang menghentikan tank militer di Myanmar merupakan hasil manipulasi. Faktanya, foto asli tersebut tidak ada wanita berdiri memegang pedang di depan tank.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: