Sukses

Simak Kumpulan Informasi Hoaks Seputar Kiamat

Liputan6.com, Jakarta- Informasi hoaks seputar kiamat selalu bermunculan, kondisi ini harus diwaspadai dengan memverifikasi informasi tentang kiamat yang didapat sebelum mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informas seputar kiamat, hasilnya informasi tersebut terbukti tidak benar.

Berikut hoaks seputar kiamat hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Binatang Pembawa Pesan Kiamat Dabbah di Israel

 

[Cek Fakta] Foto Binatang Pembawa Pesan Kiamat Dabbah di Israel, Faktanya? (Screenshot)

Pada 11 Oktober 2019, situs tentang--islam.blogspot.com mengunggah artikel berjudul, Ya Allah, Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pembawa Tanda Datangnya Kiamat, di media sosial Facebook.

Berikut isi artikel tersebut:

Subhnllah bgnlah Wjud Bntang Pmbwa Psan Kimat >> Slah stu prkr yng hrus diimani oleh setiap muslim merupakan iman kepada hari kiamat.

Hari kiamat merupakan hari selesainya kehidupan dunia semesta ini serta mulainya kehidupan akherat kelak.Sesungguhnya keyakinan kepada hari kiamat, tak saja diyaniki oleh umat Islam, melainkan juga merupakan keyakinan bagi agama-agama lain. Karena semua agama meyakini tentang adanya pembalasan sehingga diperlikan adanya kehidupan setelah kematian.

Dalam Islam sendiri ketidak sedikitan ayat-ayat al-Quran serta hadis yang menerangkan tentang hari kiamat. Walaupun ayat serta hadis tersebut tak melaporkan tentang kapan waktu terjadinya kiamat. Rasulullah saw dalam hadisnya hanyan memshare tanda-tanda tentang kapan hari kiamat datang. Salah satu tanda yang sangat umum serta sangat dekat terjadinya kiamat merupakan terbitnya mahatari dari barat.

Disamping itu, disamping tanda-tanda tersebut di atas, Baginda Rasulullah saw. dlm hdsny mnybtkan ktika akn dtang hri kimt, mka akn mncl bntng mlata yang sangat aneh yang keluar dari perut bumi serta dapat berbicara, binatang tersebut dinamakan Dabbah.

Binatang ini bernama Dabbah serta telah berulang kali disebut oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu tanda telah dekatnya kiamat. Bahkan Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang menyebut binatang ini:

Apbil prktaa sda jtu at mrek, Km kluarka seko dbba binatang dr bum yn bka brkah terhada merek, bahw sesungguhny manusi dahul tida yaki terhada ayat-aya Kam." (An-Naml: 82)

Baginda Nabi Muhammad saw menyebut bahwa binatang Dabbah ini merupakan merupakan binatang yang akan mengingatkan Umat Islam untuk selalu bertaubat. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasul menyebutkn ada tiga perkara yang jika ketiganya keluar maka semua manusia akan bertaubat serta disaat itu pula amal ibadah manusia tiada gunanya. Ketiga hal tersebut merupakan terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta Dabbah.

 Tak hanya artikel, unggahan situs tentang--islam.blogspot.com juga memajang sebuah foto makhluk yang tak biasa.

Benarkah makhluk aneh dalam foto adalah Dabbah yang dijelaskan dalam artikel?    

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, ditemukan bahwa  gambar yang sama digunakan dalam kabar hoaks tentang kemunculan 'naga putih' di Malaysia dan Thailand. 

Artikel yang dimuat situs dailybuzz.ch menguak bahwa makhluk tersebut adalah patung, bukan sungguhan. 

 

2. Ramalan Sesat Kiamat 21 Juni 2020

 Ramalan kiamat kembali bergulir. Kali ini kiamat diramlakan akan terjadi pada 21 Juni 2020. Ramalan kiamat itu diklaim berasal dari prediksi kalender Suku Maya kuno.

Ramalan kiamat juga beredar di media sosial. Satu di antaranya disebarkan oleh akun Facebook Spoters pada 19 Juni 2020.

"Berdasarkan perhitungan ulang, kiamat akan terjadi dalam waktu dekat, tepatnya 21 Juni 2020..Interpretasi ini diungkap oleh seorang ilmuwan dan penganut teori konspirasi bernama Paolo Tagaloguin..

Tagaloguin mencatat adanya perbedaan dalam cara menafsir tanggal terakhir di kalender suku Maya hingga muncul klaim dunia berakhir pada 21 Desember 2012..Ia pun menerjemah ulang kalender suku Maya dengan kalender Julian, bukan kalender Gregorgian yang dipakai Bumi sekarang..

Selama 268 tahun menggunakan Kalender Gregorian (1752-2020) dikali 11 hari = 2.948 hari. 2.948 / 365 hari (per tahun) = 8 tahun..Berdasarkan kalender Julian, Bumi sekarang disebutnya masih di tahun 2012.

Teori konspirasi akhir dunia pun 'direvisi' dengan ramalan mundur ke tanggal 21 Juni 2020..Teori konspirasi kiamat yang diklaim seharusnya terjadi pada 21 Desember 2012 sering dikaitkan dengan Nibiru, sebuah planet yang konon diperkirakan menabrak Bumi pada 2003..

Planet Nibiru sendiri dipercaya sebagai planet kecil yang mengorbit Matahari setiap 3.600 tahun..Planet ini ditemukan dan diyakini oleh bangsa Sumeria kuno sebagai planet ‘penanda’ kiamat bagi Bumi. Suatu hari, Nibiru akan tiba di dekat Bumi, menghancurkan planet dengan gravitasi yang ia miliki," tulis akun Facebook Spoters.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, ramalan kiamat pada 21 Juni 2020 ternyata tidak benar. Prediksi hari kiamat bukan kali ini saja terjadi. Setiap tahun selalu muncul klaim-klaim serupa.

 

3. Informasi Binatang Tanda Kiamat Dabbah Muncul di Israel

 Cek Fakta Lipiutan6.com mendapati klaim binatang tanda kiamat Dabbah muncul di Israel.

Informasi binatang tanda kiamat Dabbah muncul di Israel diunggah akun Facebook Revi Utami, pada 6 Februari 2021.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi binatang tanda kiamat Dabbah muncul di Israel

 

Unggahan tersebut berupa tautan artikel berjudul "Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn" yang dimuat situs dailybcsnews.com, pada 9 Desember 2020.

"Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn".

Berikut isi artikel dailybcsnews.com tersebut:

"Binatang ini bernama Dabbah serta berulang-kali dimaksud Rasulullah SAW sebagai salah satu sinyal dekatnya kiamat. Bahkan juga Allah SWT dalam

dalilnya juga menerangkan mengenai binatang ini. Hal semacam ini tercantum dalam Quran Surat An-Naml : 82 yang berarti sebagaimana berikut.

“Apabila pengucapan sudah jatuh atas mereka, Kami mengeluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang bakal mengatakan pada mereka, kalau sebenarnya manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Kami, ” (An-Naml : 82).

Rasulullah SAW juga bersabda mengenai Dabbah ini serta jadi satu diantara pengingat Umat Islam selalu untuk bertaubat. Dalam hadist Kisah Muslim, Rasul menyebut tiga perkara yang bila ketiganya keluar jadi semuanya taubat serta amal tidak ada manfaatnya. Ketiganya yaitu terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta Dabbah.

“Ada tiga perkara yang bila keluar jadi akan tidak berfungsi lagi keimanan orang yang belum beriman terlebih dulu ; atau belum mengupayakan kebaikan yang dikerjakan dalam keimannya. Ketiga perkara itu yaitu : terbitnya matahari dari barat, Dajjal serta binatang bumi. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Sesungguhnya tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kalinya nampak yaitu terbitnya matahari dari barat serta keluarnya binatang pada manusia pada saat Dhuha. Mana saja yang lebih dulu muncul, jadi yang satunya bakal berlangsung sesudahnya kurun waktu yang dekat. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Bersegeralah kalian beramal (sebelumnya datangnya) enam perkara… (beliau mengatakan salah satunya) dabbah. ” (HR. Muslim).

Nanti sesudah keluar, Dabbah bakal bicara pada manusia serta menyampaikan kabar kalau manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Allah. Ia memberi sinyal pembeda pada orang beriman serta kafir. Sinyal untuk orang yang beriman yaitu muka yang bersinar, sedang yang tidak, tandanya diberikan di bagian hidung sebagai sinyal kekufurannya.

“Binatang bumi itu keluar jadi ia berikan cap kepada

manusia di muka mereka. Lalu jumlah mereka meningkat hingga seorang beli onta dia di tanya, ‘Dari siapa anda beli onta itu? ’ Dia menjawab, Dari salah seseorang yang dicap berwajah.. ”

(HR. Ahmad, dishahihkan oleh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah nomer 322).

Nanti Dabbah bakal keluar dari Mekkah dari masjid yang paling mulia. Hal semacam ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan dalam Majma’uz Zawaid VIII/7-8, dari Hudzaifah bin Asid secara marfu’.

“Dabbah bakal keluar dari masjid yang terbesar, ketika mereka (tengah sekedar duduk mendadak bumi bergetar) saat mereka tengah sekian mendadak bumi terbelah. ”

Ketidaksamaan pendapat banyak terjadi di kalangan ulama mengenai Dabbah ini. Dabbah dengan cara bhs mempunyai arti hewan yang jalan diatas bumi. Sebagian ulama menyampaikan kalau Dabbah yaitu anak unta yang disapih dari unta Nabi Shalih.

Hal semacam ini berdasar pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ath-Thayalisi dari Hudzaifah bin Asid al-Ghifari, kalau Rasulullah saw menyebutkan mengenai dabbah, (lantas beliau menjelaskan hadits, di dalamnya ada ungkapan)

“Mereka tak menggembalakannya, tetapi ia cuma bertemura diantara rukun serta maqam (rukun Yamani serta Maqam Ibrahim). ”

Ke-2, dabbah yaitu al-Jassasah yang di jelaskan dalam hadits Tamim ad-Dari pada cerita Dajjal. Pendapat ini dinisbatkan pada Abdullah bin Amru bin ‘Ash. Pendapat ini tak kuat karena beberapa karakter serta apa yang dikerjakan oleh si dabbah tak pas dengan deskripsi al-Jassasah dalam hadits Tamim ad-Dari.

Ketiga, dabbah yaitu ular yang mengawasi dinding Ka’bah, yang disambar oleh elang saat beberapa orang Quraisy akan bangun Ka’bah. Pendapat ini dinisbatkan oleh al-Qurthubi pada Ibnu ‘Abbas ra. Cuma, beliau tak mengatakan sumbernya.

Ke empat, dabbah yaitu manusia yang bicara, mendebat serta menyanggah beberapa orang yang suka lakukan bid’ah serta kekufuran supaya mereka berhenti. Supaya bila mereka binasa, mereka binasa dengan info (hujjah) yang riil.

Ke lima, Dabbah yaitu bakteri yang beresiko yang bakal bikin manusia menanggung derita. Bakteri itu melukai bahkan juga dapat membunuhnya. Saat melukai seorang ia membawa pesan berbentuk nasehat pada manusia kalau mereka mempunyai hati yang dapat berfikir, hingga mereka sadar untuk kembali pada Allah, pada agamanya serta menghimpit mereka untuk terima hujjah. Ini yaitu pendapat yang dipegang oleh Abu ‘Ubayyah dalam komentarnya pada kitab an-Nihayah/al-Fitan wal Malahim, karya Ibnu Katsir.

Untuk kita, cukup saja yakin dengan berita dari manusia paling dekat dengan Allah, Nabi Muhammad SAW ini. Selebihnya, kita serahkan terhadap Allah yang Mahatahu atas semua yang sudah serta bakal berjalan.(*)"

Benarkah informasi binatang tanda kiamat Dabbah muncul di Israel?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  informasi binatang tanda kiamat Dabbah muncul di Israel tidak benar.

Dalam artikel klaim yang diunggah tidak terdapat kalimat yang menyebut  tanda kiamat Dabbah muncul di Israel .

Foto hewan yang diklaim sebagai Dabbah adalah  kadal mol Meksiko, (Bipes biporus).

4. Penampakan Dabbah Hewan Tanda Kiamat

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim sebagai Dabbah hewan tanda kiamat.

Klaim foto penampakan Dabbah hewan tanda kiamat diunggah akun Facebook Wawan Gunawan, pada 4 Februari 2021.

Unggahan tersebut berupa tautan artikel berujudul "Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Ini Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn" yang dimuat situs sebarinfoviral.me.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Ini Pesan Tanda Kiamat.Semoga Kita Dalam Lindungan Allah.Aminn"

Dalam artikel tersebut memuat foto sosok berbadan merah yang terlihat memiliki sayap yang menjadi satu dengan tubuhnya dari leher hingga kaki.

Berikut isi artike tersebut:

Binatang ini bernama Dabbah serta berulang-kali dimaksud Rasulullah SAW sebagai salah satu

sinyal dekatnya kiamat. Bahkan juga Allah SWT dalam

dalilnya juga menerangkan mengenai binatang ini. Hal semacam ini tercantum dalam Quran Surat An-Naml : 82 yang berarti sebagaimana berikut.

“Apabila pengucapan sudah jatuh atas mereka, Kami mengeluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang bakal mengatakan pada mereka, kalau sebenarnya manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Kami, ” (An-Naml : 82).Rasulullah SAW juga bersabda mengenai Dabbah ini serta jadi satu diantara pengingat Umat Islam selalu untuk bertaubat. Dalam hadist Kisah Muslim, Rasul menyebut tiga perkara yang bila ketiganya keluar jadi semuanya taubat serta amal tidak ada manfaatnya. Ketiganya yaitu terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta Dabbah.

“Ada tiga perkara yang bila keluar jadi akan tidak berfungsi lagi keimanan orang yang belum beriman terlebih dulu ; atau belum mengupayakan kebaikan yang dikerjakan dalam keimannya. Ketiga perkara itu yaitu : terbitnya matahari dari barat, Dajjal serta binatang bumi. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “

Sesungguhnya tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kalinya nampak yaitu terbitnya matahari dari barat serta keluarnya binatang pada manusia pada saat Dhuha. Mana saja yang lebih dulu muncul, jadi yang satunya bakal berlangsung sesudahnya kurun waktu yang dekat. ” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda : “Bersegeralah kalian beramal (sebelumnya datangnya) enam perkara… (beliau mengatakan salah satunya) dabbah. ” (HR. Muslim).Nanti sesudah keluar, Dabbah bakal bicara pada manusia serta menyampaikan kabar kalau manusia dulu tak meyakini pada ayat-ayat Allah. Ia memberi sinyal pembeda pada orang beriman serta kafir. Sinyal untuk orang yang beriman yaitu muka yang bersinar, sedang yang tidak, tandanya diberikan di bagian hidung sebagai sinyal kekufurannya.

“Binatang bumi itu keluar jadi ia berikan cap kepada

manusia di muka mereka. Lalu jumlah mereka meningkat hingga seorang beli onta dia di tanya, ‘Dari siapa anda beli onta itu? ’ Dia menjawab, Dari salah seseorang yang dicap berwajah.. ”

Benarkah klaim foto Dabbah hewan tanda kimat?.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto penampakan Dabbah hewan tanda kiamat tidak benar.

Hewan tersebut adalah kubung sunda  sering disebut Sunda Flying Lemur, Malayan Flying Lemur, atau Sunda Colugo, satu dari dua spesies anggota keluarga Cynocephalidae disamping kubung filipina (Cynocephalus volans).

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.comuntuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut