Sukses

Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia yang Beredar di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial soal lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia. Disebutkan dalam klaim lowongan kerja tersebut, pelamar bakal ditempatkan di Timika, Papua.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah klaim lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia adalah Jemmi Aprilyo Simatupang. Begini narasinya:

"LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan:

1. Min D3 lulusan teknik

2. Bersertifikat CCNA (cisco)

3. Bersedia bekerja di timika papua(kawasan freeport)

3. Gaji Negotable

Fasilitas

1. mendapatkan biaya transportasi (Mudik per 3 Bulan sekali, durasi mudik max 2 minggu)

2. mendapatkan fasilitas (makan, tempat tinggal dll)

silakan kirimkan CV ke:

acephelmi@stn-network.com / +62 811-1352-702 Acep Helmi

cc email: bastiarpramana@gmail.com

subject: Teknisi CCNA-PAPUA"

Ada juga postingan dengan klaim nama-nama calon pelamar yang lolos seleksi tahap pertama dari PT Freeport Indonesia.

Lalu, benarkah itu lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Juru Bicara PT Freeport Indonesia, Riza Pratama. Dia pun memberikan penjelasan tentang lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia yang beredar di media sosial.

"Tidak benar. Itu hoaks karena PT Freeport Indonesia tidak pernah mengeluarkan pengumuman lowongan pekerjaan di media online atau sosial media," kata Riza Pratama melalui WhatsApp, Senin (25/1/2021).

Selain itu, Cek Fakta Liputan6.com juga mendapatkan bantahan soal klaim lowongan kerja ini di media sosial PT Freeport Indonesia. Berikut ini bantahan PT Freeport Indonesia di Facebook soal lowongan kerja yang beredar di media sosial:

"Hai Rekan!

Berbagai informasi yang beredar di media sosial mengenai perekrutan calon karyawan PT Freeport Indonesia dapat dipastikan adalah informasi palsu yang terindikasi sebagai penipuan.

PT Freeport Indonesia juga tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan manapun terkait akomodasi dan transportasi saat proses perekrutan calon karyawan.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia secara tidak bertanggung jawab. Informasi resmi mengenai perekrutan karyawan hanya diterbitkan melalui website resmi kami."

 

Hai Rekan! Berbagai informasi yang beredar di media sosial mengenai perekrutan calon karyawan PT Freeport Indonesia...

Posted by Freeport Indonesia on Friday, January 8, 2021
3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia yang tersebar di media sosial merupakan informasi hoaks.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: