Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Proses Pengangkatan Bangkai Sriwijaya Air SJ 182, Simak Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan video yang diklam sebagai proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbanagan SJ 182 yang ternggelam di Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021).

Salah satu video proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air itu diunggah pemilik akun Facebook atas nama Syaiful Niczam. Dia mengunggah itu pada 10 Januari 2021.

Begini narasinya:

"Proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182."

Sejak diunggah ke media sosial, video itu sudah dilihat lebih dari 3 ribu kali oleh warga Facebook lainnya. Video itu juga mendapat 57 like dan empat komentar.

Lalu, benarkah itu video proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang tenggelam di Kepulauan Seribu?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan berbagai mesin pencarian gambar terbalik, Google Image dan Yandex. Hasil penelusuran Yandex mengarahkan ke salah satu saluran di situs berbagi video, YouTube.

Video yang identik dengan klaim proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air bisa dilihat di saluran YouTube milik Obafemee80. Namun, di saluran tersebut dijelaskan video itu merupakan proses penenggelaman pesawat salah satu maskapai Turki, bukan pengangkatan bangkai Sriwijaya Air.

Saluran YouTube itu mengunggah videonya pada 20 Juni 2019 dengan judul: "Turkey Purposely Sunk An Airbus A330 Aircraft To Attract Scuba Divers And Boost Marine Life". Untuk melihat videonya, klik tautan ini.

Selanjutnya, hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs BBC dalam artikel berjudul: "Turkish Airbus plane sunk for diving tourism". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 14 Juni 2019.

Dalam artikel BBC tersebut, dijelaskan kalau pesawat penumpang Airbus A330 bekas sengaja ditenggelamkan di lepas pantai barat laut Turki untuk menarik wisatawan selam.

Pesawat itu memiliki panjang 65 meter ditenggelamkan ke Laut Aegea dengan kedalaman 30 meter. Laut ini berada di lepas Pelabuhan Ibrice di Provinsi Edirne.

Disebutkan kalau Turki dengan sengaja menenggelamkan Pesawat Airbus A330 untuk menarik penyelam scuba dan meningkatkan kehidupan laut.

Perhatikan gambar di bawah ini:

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video dengan klaim yang menyebut proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air merupakan informasi yang hoaks. Faktanya, itu merupakan proses penenggelaman pesawat maskapai milik Turki untuk menarik penyelam scuba.

Artinya, video itu merupakan hasil editan dengan teknik reverse.

 

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: