Sukses

DPR Dorong Pemerintah Perkuat Edukasi Guna Tekan Hoaks Vaksin Covid-19

Pemerintah perlu menambah frekuensi komunikasi dan memperbanyak konten kreatif dalam penanganan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Sukamta meminta, pemerintah segera mengatasi disinformasi dan hoaks terkait vaksin Covid-19 yang banyak beredar di masyarakat.

Dia menilai, sejak awal pandemi, pemerintah terkesan kurang dalam berkomunikasi kepada masyarakat, bukan hanya soal kebijakan namun juga informasi terkait Covid-19.

"Akibatnya masyarakat terpapar informasi dari berbagai sumber melalui media sosial yang tidak sedikit di antaranya tidak jelas sumber beritanya dan bermuatan hoaks," kata Sukamta seperti dilansir dari Antara, Kamis (7/1/2021).

Sukamta berharap, pemerintah segera memperkuat upaya sosialisasi dan edukasi terkait vaksin Covid-19 melalui kementerian terkait guna menekan hoaks.

"Di tengah kebijakan PSBB Jawa-Bali yang dilakukan, ini momentum tepat pemerintah perbaiki komunikasi penanganan Covid-19. Maksimalkan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk berkomunikasi dengan rakyat," tutur dia.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR itu juga meminta pemerintah memanfaatkan semua kanal informasi mulai dari media elektronik, cetak, dan daring untuk menyebarkan informasi valid tentang vaksin Covid-19.

Dia menilai, pemerintah perlu menambah frekuensi komunikasi, memperbanyak konten-konten kreatif untuk edukasi dan sosialisasi dalam penanganan Covid-19.

"Gunakan semua influencer dengan berbagai latar belakang. Ini penting untuk menguatkan kembali kedisiplinan masyarakat lakukan 3M, juga mengatasi hoaks soal Covid-19 karena jangan sampai PSBB yang dilakukan sia-sia karena lemahnya komunikasi," tutup Sukamta.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.