Sukses

Deretan Hoaks terkait Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Hoaks sangat sering menyerang pejabat publik seperti Presiden, Menteri, Gubernur, hingga Walikota. Tak terkecuali Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks sangat sering menyerang pejabat publik seperti Presiden, Menteri, Gubernur, hingga Walikota. Tak terkecuali Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini akan mengakhiri jabatannya usai Pilkada 2020. Namun hoaks yang menyinggung dirinya tak berkurang hingga belakangan ini.

Hoaksnya pun beragam mulai dari kesehatan, masalah pribadi, hingga terkait pemilihan kepala daerah. Hoaks ini menyebar melalui media sosial hingga aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang terkait Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, berikut beberapa diantaranya:

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cek Fakta: Hoaks Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Pindah Agama demi Jabatan

Klaim tentang Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pindah agama demi jabatan beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Seputar Politik pada 5 September 2020.

Akun Facebook Seputar Politik mengunggah video berjudul TERUNGGKKAP..!! RISMA PINDAH AGAMA BEGINI TANGGAPAN PARA ULAMA. DEMI PARTAI DAN JABATAN KAU JUAL AGAMAMU..!!

Dalam video tersebut, terdapat pernyataan sejumlah ulama tentang hukum pindah agama. Selain itu, terdapat juga rekaman Tri Rismaharini yang sedang duduk. Risma dikelilingi sejumlah orang sambil mengangkat tangan.

Video ini kemudian dikaitkan dengan klaim Tri Rismaharini pindah agama demi jabatan.

"BERITA TERKINI~ TERRUNGGKAP..!! RISMA PINDAH AGAMA DEMI JABATAN |VIRAL HARI INI NEWS TERBARU," tulis akun Facebook Seputar Politik.

Video yang disebarkan akun Facebook Seputar Politik telah 190 kali dibagikan dan mendapat 26 komentar warganet. Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

3 dari 5 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Walikota Surabaya Tri Rismaharini Imbau Warga Tak Datang ke TPS saat Pilkada

Beredar di media sosial postingan terkait Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang mengimbau warga tak datang ke TPS saat Pilkada 2020. Postingan ini ramai dibagikan akhir bulan lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Roem Anwar. Dia mengunggahnya di Facebook pada 26 November 2020.

Dalam postingannya ia menyertakan link artikel berita berjudul "Risma Imbau Warganya Tak Datang ke TPS Pencoblosan 9 Desember."

Selain itu terdapat juga narasi,

"Sby masuk zona merah/hitam lagi.... RS RKZ ICU Covid juga sdh full. Kita semua hrs lbh berhati² lagi... 🙏🙏🙏Berita hari ini RSLK indrapura pasien Covid naik 400 persen. RSHU(Husada Utama) juga naik 50 persen. Kita tdk boleh lengah. Tingkatkan Waspada rek!Ruang isolasi RSD Dr.Soetomo full penderita COVID.. barusan di radio SS. Ivoox di BaBe:Risma Imbau Warganya Tak Datang ke TPS Pencoblosan 9 DesemberKlik untuk baca artikel:"

Lalu benarkah Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau warganya tak datang ke TPS saat Pilkada nanti? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

4 dari 5 halaman

3. Cek Fakta: Video Hoaks Walikota Surabaya Tri Rismaharini Dibaptis di Gereja

Pengguna Facebook pada Senin (31/8/2020) dihebohkan dengan video yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini dibaptis di gereja. Video itu menjadi viral karena Risma merupakan seorang muslimah.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan satu akun di Facebook yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini dibaptis di gereja.

Akun yang mengunggah itu adalah KABAR WARAS. Video unggahannya sudah diposting sejak Minggu (30/8/2020) malam WIB dengan narasi sebagai berikut:

"RISMA DIBAPTIS DI GEREJA ... ?

Innalillahi Wainnailahi Rojiun"

Lalu, benarkah Walikota Surabaya Tri Rismaharini sudah dibaptis di gereja? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

5 dari 5 halaman

4. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jokowi, Megawati, Risma dan Ganjar Sedang Goyang Corona

Beredar video yang diklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi), Megawati Soekarnoputri, Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang melakukan goyang corona (Covid-19).

Video tersebut diunggah akun Facebook Lestari, pada 29 Juni 2020. Video menampilkan Jokowi, Megawati Risma dan Ganjar sedang bergoyang.

Unggahan video diberikan keterangan sebagai berikut:

"Didemo rakyat, KETUA WAKIL RAKYAT DAN EMAKNYA ngga berani mongol.. malah GOYANG CORONA 😃

Tapi biarkan saja..itung itung pesta dulu sebelum mereka DIBUBARKAN 😃"

Benarkah Jokowi, Megawati, Risma dan Ganjar goyang Covid-19 dalam video tersebut? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.