Sukses

Cek Fakta: Hoaks Penguin di Kutub Selatan Bisa Terbang, Begini Penelusuran Faktanya

Dalam video itu, ada banyak penguin yang berada di daerah Kutub Selatan bisa terbang layaknya burung.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah postingan berupa video penguin terbang mengejutkan media sosial, khususnya di Facebook. Dalam video itu, ada banyak penguin yang berada di daerah Kutub Selatan bisa terbang layaknya burung.

Video penguin bisa terbang itu berdurasi satu menit itu. Hingga saat ini, video tersebut sudah dilihat lebih dari 1.200 kali oleh warga Facebook lainnya.

Salah satu pengguna Facebook yang mengunggah video penguin terbang adalah Wesley Loo. Begini narasi yang dia buat untuk video viral itu:

"Penguin ini bisa terbang."

Menariknya lagi, di video itu ada logo dari sebuah situs berita luar negeri, BBC. Lalu, benarkah klaim dari video pinguin terbang tersebut?

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk mengungkap klaim video tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dan menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke channel YouTube milik BBC yang sudah terverifikasi.

Di channel YouTube itu ada video yang sangat mirip dengan unggahan Wesley Loo dengan judul: "Flying Penguins | World Penguin Day | BBC". Video itu sudah ada di YouTube sejak 31 Maret 2008 dan ditonton lebih dari 6 juta kali. Untuk melihat video aslinya, klik tautan ini.

Sebagai keterangan video, BBC membuat caption sebagai berikut:

"Pembuat film dan penulis Terry Jones menemukan koloni penguin, yang tidak seperti penguin lain di dunia."

Sehari setelah video itu menjadi viral, 1 April 2008, channel YouTube milik BBC kembali mengunggah sebuah video dengan judul: "Penguins April Fool - The Making Of - BBC". Video itu seperti membantah adanya pinguin terbang.

Uraian video tersebut sebagian menyatakan: "Pemandangan di balik layar tentang bagaimana BBC membuat jejak BBC iPlayer untuk April Mop, yang menampilkan koloni penguin terbang." (Klik tautan ini untuk melihat video).

Kemudian, BBC menyediakan link ke "video April Mop" yang mengarahkan ke video penguin terbang tersebut di saluran YouTube milik mereka.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul artikel: "This 'flying penguins' animation is actually a spoof produced by the BBC for April Fool's Day in 2008". Artikel itu dipublikasikan pada 18 November 2020.

Dalam artikel tersebut, AFP Fact Check memastikan kalau video penguin terbang merupakan keisengan BBC untuk merayakan April Mop di tahun 2008. Video sebenarnya adalah spoof yang dibuat oleh komputer yang dibuat oleh BBC pada tahun 2008 sebagai bagian dari tipuan April Mop.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut ada penguin bisa terbang merupakan salah karena video sudah dimanipulasi.

Video itu merupakan hasil karya media asal Inggris, BBC untuk merayakan April Mop di tahun 2008.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.