Sukses

Cek Fakta: Hoaks Mike Tyson Siap Bayar Rp 141 Miliar untuk Pria yang Menikahi Putrinya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan di Facebook yang menyebut legenda tinju dunia, Mike Tyson siap memberi uang hingga 10 juta dolar Amerika Serikat (Rp 141 miliar) kepada pria yang bersedia menikahi putrinya, Mitchell.

Disebutkan dalam akun Facebook atas nama Proudly_9ja_Zone kalau Mike Tyson frustrasi karena Mitchell belum mendapatkan pria, baik untuk menjadi pacar ataupun suami. Akun itu juga menyebut Mitchell sebagai Mike Tyson dalam wujud wanita.

Begini narasinya yang mencatut nama Mike Tyson:

"Petinju Mike Tyson Siap Bayar $ 10 Juta Dolar Kepada Setiap Pria yang Menikahi Putrinya.

Tyson, yang dibesarkan di daerah kumuh, suka berkelahi sejak kecil. Dia keluar dari sekolah menengah untuk berpartisipasi dalam beberapa pertandingan tinju yang relatif kecil. Kemudian, ia mendapat bantuan dari para pejabat.

Setelah menjadi terkenal, Tyson disukai oleh banyak wanita cantik, dengan tiga pernikahan dan banyak anak sendiri. Di antara mereka, Mitchell adalah putri sulungnya. Putri tertua sudah mencapai usia pernikahan, dan pernikahan selalu menjadi perhatian Tyson.

Untuk menemukan kekasihnya, Tyson mengajukan 10 juta dolar untuk pernikahan putrinya. Selama pria itu menikahi putrinya, ia bisa mengambil 10 juta dolar.Ternyata Mitchell dalam foto mewarisi ciri khas ayahnya. Kulitnya gelap, badannya gede banget, beratnya 150 kg, kayak tyson versi cewek. Setelah melihat foto-foto anak Tyson, Anda juga dapat memahami mengapa netizen memiliki reaksi seperti itu. Lagipula, kebanyakan orang suka menikahi istri yang lebih kecil daripada dirinya sendiri."

Lalu, benarkah postingan yang mencatut nama Mike Tyson itu?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com mengunakan mesin pencari, Google, dengan kata kunci: "Mike Tyson Is Ready To Pay $10 Million Dollars To Any Guy Who Marries His Daughter."

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs The Guardian dengan judul artikel: "Mike Tyson Debunks News About Giving Daughter Out For $10 Million". Artikel itu sudah ada di ruang digital sejak 27 Februari 2020.

Dalam artikel tersebut, Mike Tyson membantah informasi yang menyebut dirinya siap memberikan uang 10 juta dolar AS kepada pria yang mau menikahi putri yang bernama Mitchell.

Tyson juga meminta kantor berita, Hit News, menghapus artikel yang disebutnya palsu itu. Hit News disebut sebagai kantor berita pertama yang membuat berita palsu itu.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Check Your Fact dengan artikel: "FACT CHECK: DID MIKE TYSON OFFER MEN $10 MILLION TO MARRY HIS DAUGHTER?". Artikel ini sudah dipublikasikan sejak 26 Februari 2020.

Artikel itu mengambil bantahan dari juru bicara Mike Tyson, Joann Mignano. Disebutkan oleh Mignano, Tyson tidak punya anak perempuan bernama Mitchell.

"Sama sekali tidak ada kebenaran untuk informasi tersebut. Tidak ada anak perempuan bernama Mitchell," katanya

Masih dalam artikel Check Your Fact yang dikutip dari The New York Times, Tyson memiliki enam anak biologis dari tiga wanita berbeda. Dari enam anak biologis itu, Tyson memiliki tiga anak perempuan yang masih hidup, yakni Mikey, Rayna, dan Milan. Satu anak perempuan Tyson, yakni Exodus sudah meninggal dunia pada 2009 karena kecelakaan.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Mike Tyson siap bayar 10 juta dolar AS untuk pria yang menikahi putrinya dipastikan hoaks. Sebabnya, Mike Tyson tidak punya anak perempuan bernama Mitchell.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: