Sukses

Cek Fakta: Informasi Palsu Cara Mengetahui Pemilik E-KTP Dapat Bantuan Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara mengetahui pemilik KTP elekronik atau e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah.

Informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah diunggah akun Facebook AnNde AnNde Lumut, pada 21 Oktober 2020.

Unggahan tersebut berupa tulisan sebagai berikut:

"Cek apakah e-KTP anda mendapatkan bantuan Covid Rp 600.000/bulan selama 4 bulan s/d Desember 2020 di : https://s.id/ektp-covid19

*Lumayan, bagi yg gak mau bisa DISHODAQOHKAN*"

Benarkah informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri  informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah, dengan mengunjungi tautan yang disertakan dalam informasi tersebut.

cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah

Saat tautan tersebut diklik muncul foto potongan iklan rokok bertemakan jin dengan disertai tulisan "NGIMPI!!!".

Terkait dengan tauan tersebut, sebelumnya Cek Fakta Liputan6.com juga telah menelusuri informasi yang disertakan dengan tautan yang sama dalam artikel "Cek Fakta: Hoaks Informasi Cara Mengecek Pemilik SIM C Dapat Bantuan Covid-19".

Tim Komunisasi PC-PEN Lalu Hamdani menyatakan, informasi tersebut tidak benar alias hoaks, sebab tautan yang dicantumkan hanya untuk iseng.

"Bisa dipastikan hoax. Link tersebut adalah meme iseng untuk prank," kata Lalu saat berbincang dengan Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah tidak benar.

Informasi ini mengelebuhi penerimanya karena tautan yang dicantumkan dalam informasi tersebut tidak sesuai dengan konteks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini