Sukses

Cek Fakta: Benarkah Petani India Temukan Hewan Berkepala Manusia?

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto yang menyebut petani India menemukan hewan berkaki empat, tapi memiliki kepala manusia.

Foto hewan berkaki empat dengan kepala manusia ini diunggah oleh akun Twitter Amit Kumar Vani. Dia menyebut makhluk ini telah menyerang seorang petani.

Begini narasi yang dia buat untuk unggahannya:

"Semua petani diminta untuk tidak pergi ke ladang sendirian. Waspadalah hewan yang sangat berbahaya ini telah tiba di Gujarat."

Lalu, benarkah ada hewan berkaki empat dengan kepala manusia seperti yang ditemukan di India?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri foto hewan berkepala manusia itu melalui mesin pencari, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel di situs The Logical Indian dengan judul: "Fact Check: Unrealistic Animal Spotted In Fields Near Rajasthan?"

Disebutkan dalam artikel tersebut, hewan berkepala manusia itu tidak nyata. Itu merupakan patung silikon hiper-realistis.

Foto yang disebut sebagai hewan berkepala manusia bisa dilihat lebih banyak di akun Instagram Laira Maganuco. Dalam biografinya, akun itu menggambarkan dirinya sebagai hyper realism silicon sculptor.

Menurut deskripsi di salah satu foto yang diunggahnya, dia menyebut patung tersebut dengan nama: 'Armadillo Hybrid'. Untuk melihat Instagram Laira Maganuco klik tautan ini.

Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel di situs The Quint dengan judul: "‘Alien’ Creature Spotted in India? No, It’s a Silicone Sculpture". Artikel tersebut dipublikasikan pada 10 September 2020.

Disebutkan dalam artikel tersebut, isu hewan berkepala manusia di India ini sudah berulang kali, sejak 2018. Kala pertama kali muncul, hewan aneh ini disebut berkeliaran di desa Gollapalli, distrik Jagittala, Telangana.

Namun, artikel tersebut juga menyebut hewan berkepala manusia ini bukan makhluk yang nyata. Melainkan karya seni yang dibuat oleh pemilik akun Instagram Laira Maganuco.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut petani India menemukan hewan berkepala manusia adalah hoaks. Faktanya, itu merupakan sebuah karya seni, yakni patung silikon hiper-realistis.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.