Sukses

Cek Fakta: Foto Anies Baswedan di Gambar Ini Sudah Dimanipulasi

Adalah pemilik akun Facebook Ibnu Setiawan yang mengunggah foto Anies Baswedan berniat membeli pakaian dalam wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memgang pakaian dalam wanita. Disebutkan dalam foto tersebut kalau Anies Baswedan ingin memborong pakaian dalam tersebut.

Adalah pemilik akun Facebook Ibnu Setiawan yang mengunggah foto Anies Baswedan berniat membeli pakaian dalam wanita. Dia mengunggah foto tersebut pada 29 September 2020 dengan narasi yang ada di foto sebagai berikut:

"Kita terlalu fokus ke gatot. Sampai ngg liat anies mau borong celana dlm cewek..bakal mita duit lagi nih sama pemerintah."

Sejak diunggah di grup Denny Siregar Fans, foto tersebut mendapat 20 like dan 10 komentar dari warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah Anies Baswedan berniat membeli pakaian dalam wanita seperti dalam foto tersebut?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut dengan menggunakan mesin pencari, Google Images. Hasil penelusuran menunjukkan ada foto yang identik dengan yang diunggah Ibnu Setiawan.

Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel Merdeka.com dengan judul: "Anies Berharap Kondisi PSBB Tetap Tingkatkan Solidaritas Sosial". Artikel tersebut dipublikasikan pada 22 Mei 2020.

Artikel tersebut menggunakan foto yang identik dengan unggahan Ibnu Setiawan. Namun, di artikel Merdeka.com, Anies Baswedan tidak memegang celana dalam, melakinkan masker.

Dalam situs Merdeka.com memberikan narasi untuk foto itu sebagai berikut:

"Anies tinjau pembuatan masker. ©Humas Pemprov DKI"

 

Foto itu juga bisa ditemukan di Twitter pribadi Anies Baswedan pada 1 Mei lalu. Dalam Twitter pribadinya, dia memberikan keterangan untuk foto tersebut seperti ini:

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memegang celana dalam wanita adalah salah. Faktanya, Anies Baswedan sedang memegang masker yang bakal dibagikan kepada penduduk Jakarta.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini