Sukses

Cek Fakta: Hoaks Tikus Raksasa Ditemukan di Meksiko

Liputan6.com, Jakarta - Marak dibagikan di media sosial foto tikus raksasa telah ditemukan di pinggir jalan. Foto tersebut menjadi viral sejak pekan lalu.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun @omarrr610 di Twitter. Ia mempostingnya pada 24 September lalu.

Dalam postingannya ia menambahkan narasi, "This giant rat they found in Mexico is terrifying." atau dalam bahasa Indonesia, "Tikus raksasa yang mereka temukan di Mexico sangat menyeramkan."

Lalu benarkah ada tikus raksasa ditemukan di Meksiko?

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta menelusuri dengan mengunggah foto yang viral tersebut melalui Google Images. Hasilnya ada beberapa artikel terkait foto tersebut.

Dalam artikel nypost.com berjudul "Shocked workers encounter ‘giant rat’ while cleaning sewers" yang tayang 23 September 2020, dijelaskan tikus raksasa tersebut hanyalah properti Halloween semata.

Wanita bernama Evelin Lopez mengklaim bahwa properti tikus rakasa itu adalah miliknya. Lopez menyebut properti itu hilang sejak bertahun-tahun lalu saat hujan deras di Mexico City dan tidak ada yang bisa membantunya mengambilnya lagi dari selokan.

Kini ia pun bingung hendak dikemanakan properti tikus raksasa itu. Namun ada yang menyarankan agar properti tikus raksasa itu dibersihkan dan didaur ulang untuk perayaan Halloween tahun ini.

Sementara ada artikel lain dari Dream.co.id berjudul "Heboh Penemuan 'Tikus' Raksasa Segede Anak Gajah di Got" yang tayang 23 September 2020. Berikut isinya:

"Dream – Di banyak negara, banjir menyisakan tumpukan sampah saat surut. Benda-benda rumah tangga hingga kayu gelondongan menumpuk di saluran air.

Di Meksiko misalnya. Baru-baru ini harus menarik 22 ton sampah dari saluran drainase. Berbagai barang menyumpal aliran air dan menyebabkan banjir.

Namun ada salah satu benda dari sampah-sampah di Meksiko itu yang menarik perhatian. Benda itu berbentuk menyerupai tikus. Tapi ukurannya raksasa. Mungkin hampir sama dengan anakan gajah.

Menurut laman Daily Star, benda itu ditemukan saat petugas kebersihan membersihkan selokan di Kota Meksiko. Petugas menyelami selokan hingga sudut terkecil. Tiba-tiba saja mereka menemukan 'tikus' raksasa yang mengagetkan itu.

Ditemukan Petugas KebersihanBeruntung yang ditemukan itu bukan benar-benar binatang pengerat yang memang suka tinggal di got. 'Tikus' raksasa itu merupakan sebuah replika untuk perayaan Halloween.

Replika tikus itu sebelumnya berada di sebuah gudang penyimpanan. Namun tampaknya hanyut saat ada badai dan entah bagaimana ceritanya sampai di labirin dalam selokan.

Sebab jika benda itu merupakan tikus asli, tentu akan lari bila melihat orang. Jika tidak, ya oranglah yang lari terbirit-birit melihat tikus segede anakan gajah itu.

Tapi yang jelas, pemandangan 'tikus' raksasa itu cukup menarik perhatian orang-orang yang lewat.

Pemilik sah 'tikus' raksasa itu, Evelin Lopez, mengatakan, karyanya itu memang sudah hanyut selama bertahun-tahun setelah badai di Kota Meksiko. Namun tidak ada yang membantu mencarinya.

Lopez mengatakan dirinya belum memutuskan apa yang akan ia lakukan dengan penemuan benda aneh miliknya tersebut."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Foto yang menyebut ada penemuan tikus raksasa di Meksiko adalah hoaks. Faktanya tikus tersebut hanyalah properti untuk perayaan Halloween.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.