Sukses

Cek Fakta: Benarkah Minum Air Rebusan Daun Mimba Bisa Menangkal Virus Corona?

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan membahas salah satu obat herbal yang dipercaya bisa menangkal virus corona dengan cara dimandikan dan diminum. Obat herbal itu disebut daun mimba.

Adalah akun Facebook atas nama Badrani Wijaya yang menyebut daum mimba bisa menangkal virus corona. Berikut ini narasi yang dia buat:

"Inn Syaa Alloh penjagaan buat penangkal Virus corona . Di mandikan sama di minum..daun MIMBA..

Terbukti pengalaman dulu dgn adanya Virus corona terhindar dgn ini... Se Ijin Alloh."

Sejak diunggah ke Facebook, postingan daun mimba mampu menangkal virus corona sudah mendapat 103 respons dan 71 komentar dari netizen.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk mengetahui kebenarannya, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Profesor Zullies Ikawati, yang merupakan Guru Besar Universitas Gajah Mada atau Profesor di bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik. Dia memastikan kalau informasi itu tidak benar.

"Belum ada penelitiannya. Belum ada data saintifik yang mendukung. Jika ada yang mungkin berhasil sembuh, bisa jadi karena memang sudah waktunya sembuh. Sebab, penyakit ini bisa sembuh sendiri jika sistem imun kuat," katanya.

Profesor Zullies menambahkan, daun mimba sudah dilakukan beberapa peneltian dan cocok untuk mencegah kanker, imun, hingga antioxidant. Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian tentang virus corona.

"Ini yang sudah diteliti dan dilaporkan di beberapa studi, tetapi belum semuanya diujikan pada manusia. baru studi in vitro dan preklinik in vivo," ucapnya.

Bantahan juga keluar dari pernyataan yang diutarakan Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, guru besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Sejauh yang saya tahu, sampai saat ini tidak aa yang spesifik menangkal virus corona," katanya saat dihubungi Cek Fakta Liputan6.com.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel vishavasnews dengan judul: "Fact Check: Neem Leaves Powder Isn’t COVID-19 Cure; Viral Post Is Fake, As Per Experts". Artikel yang tayang pada 21 September 2020 itu membantah klaim yang menyebut daum mimba bisa menyembuhkan pasien virus corona.

Artikel itu mengambil penjelasan dari Dr. Vimal N. dari Ministry of AYUSH, yang mengatakan, daun mimba memiliki khasiat obat tertentu, tetapi bukan obat Covid-19.

Nikhil Modi, Pulmonolog di Rumah Sakit Indraprastha Apollo juga membantah klaim tersebut dengan menyebutnya sebagai berita palsu.

Disebutkan dalam artikel tersebut, informasi tentang daun mimba dapat menyembuhkan pasien covid-19 yang menyebar di Malaysia sudah dibantah Kementerian Kesehatan Malaysia. Sementara itu, pihak Kementerian Kesehatan Malaysia menyatakan penggunaan daun mimba untuk Covid-19 sebagai mitos.

Menurut Kementerian Kesehatan Malaysia, faktanya, saat ini hanya ada penelitian mimba pada sel (in vitro) dan hewan (in vivo) yang telah tertular virus hepatitis C, DBD, dan polio. Tidak ada penelitian tentang virus corona.

"Itu mitos. Secara tradisional, daun mimba hanya bisa digunakan untuk berbagai demam dan infeksi," bunyi pernyataan resmi dari Kementerian Kesehatan Malaysia.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam situs resminya, juga belum merekomendasikan obat untuk menyembuhkan pasien virus corona.

"WHO tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat apapun, termasuk antibiotik, sebagai pencegahan atau pengobatan covid-19," tulis WHO.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut minum air rebusan daun mimba bisa menangkal virus corona adalah salah. Faktanya, para ahli medis dan WHO tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat apapun, termasuk antibiotik, sebagai pencegahan atau pengobatan covid-19.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.