Sukses

Mitos Kesehatan: Terapi Pijat Telinga hingga Air Rebusan Pepaya Sembuhkan Getah Bening

Beberapa mitos seputar kesehatan viral di media sosial. Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia masih meyakini mitos tentang kesehatan. Beragam opini dan cara menyembuhkan penyakit beredar di media sosial. Tak jarang, beberapa di antaranya ternyata tidak benar dan hanya mitos semata.

Konten seputar mitos kesehatan justru viral di media sosial. Padahal belum tentu klaim tersebut benar secara medis.

Satu di antaranya adalah klaim mengonsumsi air rebusan buah zuriat yang dipercaya bisa meningkatkan peluang hamil.

Klaim itu disebarkan akun Facebook Wafi Ladun Laduni pada 4 September 2020 lalu. Akun Facebook Wafi Ladun Laduni membagikan foto buah zuriat.

Ia kemudian menambahkan narasi yang berisi klaim buah zuriat mampu meningkatkan peluang untuk hamil.

"Lurrr.. Barangkali ada temen atau saudara yang sudah lama menikah tapi belum punya momongan, coba suruh minum air rebusan buah ini lurr.. Karena ada tetangga saya 14tahun menikah belum punya momongan, minum air rebusan buah ini alhamdulillah berhasil hamil.. ��," tulis akun Facebook Wafi Ladun Laduni.

Namun setelah ditelusuri, klaim tentang buah zuriat bisa meningkatkan peluang hamil ternyata tidak benar alias hoaks. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari RSPI Pondok Indah, dr. Yassin Yanuar, MIB, SpOG mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Selain soal buah zuriat, ada beberapa mitos seputar kesehatan yang ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut rangkumannya:

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapi Pijat Telinga untuk Anak

Klaim tentang terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Orang Tua Teladan pada 3 Mei 2019 lalu.

Akun Facebook Orang Tua Teladan mengunggah gambar telinga anak yang tengah dipijat. Gambar tersebut kemudian ditambahkan narasi berisi tata cara memijat telinga untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

"Assalamu'alaikum

Yang Punya Anak Keterlambatan Ngomong Ini Terapinya.

-Di Tekuk Telinga Sebelah Kanan 8×

-Di Pijat Dari Atas Ke Bawah 8×.... lanjut Di Pijat Dari bawah Ke Atas 8×

-Di Tarik Ke Belakang 8×-Tekan Tengahnya 8×

-Tekuk Bagian Luarnya Masukkan Ke Dalam 8×

↪️Untuk telinga sebelah kiri-Nya begitu juga... lakukan secara rutin... Gk ada proses yang instan 🙏🙏😊Semoga bermanfaat untuk kita semua

Silahkan d coba 🙏," tulis akun Facebook Orang Tua Teladan.

Setelah ditelusuri, klaim tentang terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak ternyata tidak benar. Tidak ada penelitian mengenai terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

 

3 dari 3 halaman

Air Rebusan Pepaya Muda Menyembuhkan Kanker Getah Bening

Klaim meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Sartika Keyla pada 10 Januari 2019.

Akun Facebook Sartika Keyla mengunggah tata cara memanfaatkan buah pepaya muda untuk mengobati kanker kelenjar getah bening. Berikut narasinya:

"Kalo kamu ngalamin di tubuh ada benjolan seperti contoh di gambar (kelenjar getah bening), coba saja resep ni.

Aq dah pernah nyoba buat bosku. Awalnya ada benjolan di tangan segede telor ayam. Ga sampe seminggu udah hilang tanpa bekas.

Bahan :• Setengah buah pepaya muda ukuran sedang ( tanpa di kupas, potong2)• 2 sendok makan daun teh murni yang kering (di Hk : pole cha)• 5 keping jahe d iris tipis• 1,5 l air

Caranya : rebus air sampe mendidih, masukan semua bahan, lalu rebus kurleb 30 mnt api kcil.

Diminum airnya 2-3 × sehari (1gelas)Semoga bermanfaat.

Nb : untuk tehnya bisa pkai teh apa saja yang mudah di dapat di warung. Teh tubruk, teh 99 atau merk apapun, tp yang original, ga ada aroma tambahn seperti melati dll

#copas," tulis akun Facebook Sartika Keyla.

Setelah ditelusuri, klaim tentang meminum air rebusan buah pepaya muda dapat menyembuhkan penyakit kanker getah bening ternyata tidak benar.

Dokter spesialis hematologi dan onkologi dr Ronald Alexander Hukom, Sp.PD-KHOM menyebut kelenjar getah bening jika sudah menjadi kanker tidak bisa disembuhkan hanya dengan meminum air rebusan buah pepaya.

 

(Arazanses Vicoristen Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.